Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERSEPSI ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN BERDASAR GENDER ( Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Pemerintah di Kota Semarang )

Rohmawati, Dwi Prasetia (2011) PERSEPSI ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI AKUNTAN BERDASAR GENDER ( Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Pemerintah di Kota Semarang ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)

Abstract

Observasi mengenai persepsi terhadap etika bisnis dilakukan pada profesi akuntan yang merupakan profesi dalam aktivitasnya tidak terpisahkan dengan aktivitas bisnis, sehingga selain harus memahami dan menerapkan etika profesionalnya, seorang akuntan harus memahami dan menerapkan etika bisnis. Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian ini mengambil judul Persepsi Etika Bisnis dan Etika Profesi Akuntan Berdasar Gender ( Studi Kasus Pada Kantor Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Pemerintah di Kota Semarang ) . Dalam penelitian ini mengambil populasi akuntan publik dan akuntan pemerintah yang ada di Semarang, dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel 5 KAP ( KAP Drs. Tahrir Hidayat, KAP Beni Gunawan, KAP Drs. I Soetikno, KAP Soekamto, dan KAP Yulianti SE. BAP ) dan 2 akuntan pemerintah ( BPK dan BPKP ) dimana diperoleh 70 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui tidak ada perbedaan yang signifikan atas persepsi akuntan gender pria dan wanita tentang etika bisnis dengan hasil tingkat signifikan 0,923 > 0,05. Tidak ada perbedaan yang signifikan atas persepsi akuntan gender pria dan wanita tentang etika profesi dengan hasil tingkat signifikan 0,355 > 0,05. Ada perbedaan yang signifikan atas persepsi akuntan publik dan akuntan pemerintah tentang etika bisnis dengan hasil tingkat signifikan 0,004 < 0,05. Ada perbedaan yang signifikan atas persepsi akuntan publik dan akuntan pemerintah tentang etika profesi dengan hasil tingkat signifikan 0,013 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 08.3503.0034 No Panggil: SKR.V.5.02.0059
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Etika bisnis, etika profesi dan gender
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 29 May 2012 02:45
Last Modified: 15 Jun 2012 21:02
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item