Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KETEPATAN WAKTU DALAM PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (2007-2009)

Amaliyah, Fetty (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KETEPATAN WAKTU DALAM PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (2007-2009). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah variabel gearing, profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan struktur kepemilikan secara signifikan berpengaruh terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2009. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah metoda purposive sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu sesuai dengan yang dikehendaki oleh peneliti. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive dengan tujuan untuk memperoleh sampel yang representatif berdasarkan kriteria yang ditentukan. Adapun kriteria-kriteria yang dipilih dalam penentuan sampel adalah: Perusahaan manufaktur yang listed selama tiga tahun berturut-turut, menyampaikan laporan keuangan tahun 2007, 2008, 2009 yang dipublikasikan serta tanggal laporan manajemen (direksi) dan penandatanganan oleh auditor. Penelitian ini menggunakan Regresi Logistik sebagai alat analisisnya, dari hasil uji regresi logistik variabel Gearing, profitabilitas, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan struktur kepemilikan memliki nilai signifikansi di atas 0,05 sehingga menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan dari variabelvariabel tersebut terhadap ketepatwaktuan penyampaian laporan kuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 07.2503.0071 No Panggil: SKR.V.5.02.0065
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ketepatan Waktu, Laporan Keuangan, Gearing, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Struktur Kepemilikan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 29 May 2012 07:20
Last Modified: 15 Jun 2012 20:53
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item