Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISA FREE CASH FLOW DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA

Oktavianto , Aditya (2008) ANALISA FREE CASH FLOW DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Free Cash Flow Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kebijakan Hutang Pada Perusahaan Publik Di Indonesia periode 2004 – 2007. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan manufaktur yang telah go public selama periode 2004 – 2007. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 124 perusahaan. Data diperoleh melalui Indonesian Capital Market Directory, dan tehnik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisi regresi linier berganda. Analisis regresi linier berganda ini digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat. Sedangkan dalam pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t. Uji t digunakan untuk mengetahui signifikansi pengaruh suatu variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) secara parsial. Penelitian ini menghasilkan bahwa hipotesis pertama mengenai free cash flow mempunyai pengaruh terhadap kebijakan hutang pada perusahan yang memiliki level IOS rendah dapat diterima, hal ini mengindikasikan bahwa free cash flow pada perusahaan yang memiliki level IOS rendah dapat menekan agency cost melalui kebijakan hutang perusahaan. Pada pengujian hipotesis kedua mengenai free cash flow mempunyai pengaruh terhadap kebijakan hutang pada perusahan besar yang memiliki level IOS rendah juga dapat diterima, hal ini mengindikasikan bahwa free cash flow pada perusahaan besar cenderung menggunakan hutang lebih tinggi. Sedangkan pada pengujian ketiga mengenai kepemilikkan manajerial terhadap level hutang pada perusahaan kecil tidak dapat diterima, hal ini mengindikasikan bahwa dengan adanya kepemilikkan manajerial dalam perusahaan menyebabkan penumpukkan kekayaan para manajer. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan acuan bagi perusahaan dalam hal kebijakan hutang dan bagi investor bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk melakukan investasi, serta bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian mengenai kebijakan pembayaran dividen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim: 05.2503.0010 SKR.V.05.02.1001
Uncontrolled Keywords: free cash flow, managerial ownership, debt policy, firm size,and invesmnet opportunity set (IOS).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 20 Jun 2012 13:20
Last Modified: 20 Jun 2012 13:20
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item