Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN KEINGINAN BERPINDAH TERHADAP PRESTASI KERJA (STUDI EMPIRIS PADA DINAS PARIWISATA KOTA SEMARANG)

Putro , Ageng Rimanggoro (2009) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN KEINGINAN BERPINDAH TERHADAP PRESTASI KERJA (STUDI EMPIRIS PADA DINAS PARIWISATA KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Suatu organisasi atau perusahaan perlu untuk mengatur sumberdaya manusia untuk mencapai suatu tujuan yang efektif dan efisien, bagi seorang pemimpin penting untuk memperhatikan perilaku karyawan terutama menyangkut prestasi kerja, komitmen kerja, kepuasan kerja dan alasan mengapa karyawan memiliki keinginan untuk berpindah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi apakah pengaruh komitmen organisasi, kepuasan kerja, dan keinginan berpindah terhadap prestasi kerja. Penyusunan penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh baik secara langsung maupun tidak langsung. adapun data tersebut antara lain: data primer, adalah data utama yang diperoleh melalui angket yang didistribusikan secara langsung kepada responden penelitian, dan data sekunder, adalah data pendukung yang diperoleh secara tidak langsung dari Dinas Pariwisata Kota Semarang, serta literatur-literatur yang berhubungan dengan objek yang diteliti dan sumber bacaan lain yang berhubungan. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan pada Dinas Pariwisata Kota Semarang. Sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang menyesuaikan diri dengan kriteria tertentu. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu obsevasi, wawancara dan kuesioner. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah prestasi kerja, komitmen organisasi, kepuasan kerja, dan keinginan berpindah. Analisis data menggunakan uji deskriptif, validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, regrisi lininer berganda dan uji hipotesis. Dengan alat bantu berupa program SPSS. Hasil penelitian pada uji parsial (uji t) variabel Komitmen Organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Kerja t = 0,296 (0,768 > 0,05). Variabel Kepuasan Kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Kerja t = 6,141 (0,000 < 0,05). Variabel Keinginan Berpindah berpengaruh secara signifikan terhadap Prestasi Kerja t = 3,857 (0,000 < 0,05). Sedangkan pada pengujian simultan (uji F) variabel Komitmen organisasi, Kepuasan Kerja, Keinginan Berpindah berpengaruh yang signifikan terhadap Prestasi Kerja F = 28,818 (0,000 < 0,05). Nilai adjusted R square (R²) adalah 0,511 hal ini berarti 51,1% Prestasi Kerja dapat dipengaruhi oleh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Keinginan Berpindah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: nim :03.2503.0134 SKR.V.05.02.1002
Uncontrolled Keywords: : Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Keinginan Berpindah, dan Prestasi Kerja.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 20 Jun 2012 13:24
Last Modified: 20 Jun 2012 13:25
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item