Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KEBIJAKAN LEVERAGE, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN SKALA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI

Khasanah , Alfa (2011) PENGARUH KEBIJAKAN LEVERAGE, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN SKALA PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI. Undergraduate thesis, universitas stikubank semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang faktorfaktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kebijakan leverage, kebijakan dividen, skala perusahaan, dan nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007 – 2009 , sedangkan teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling (pengambilan sampel dengan tujuan atau kriteria tertentu). Dari kriteria – kriteria tersebut, maka diperoleh sampel sebanyak 28 perusahaan atau 84 data observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear regresi berganda dan menggunakan uji-t, uji-F, uji Determinasi dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan leverage dan skala perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, serta kebijakan dividen berpengaruh positif dan tidak signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan acuan bagi perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan dan bagi investor bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk melakukan investasi, serta bagi peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi penelitiannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIm;07.2503.0096 SKR.V.5.02.0076
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kebijakan leverage, kebijakan dividen, skala perusahaan dan nilai perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 19 Jun 2012 03:28
Last Modified: 03 Jul 2013 06:55
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item