Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO ) SEMARANG TIMUR BRANCH OFFICE

Wakhidin, Agus (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO ) SEMARANG TIMUR BRANCH OFFICE. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tingkat persaingan bisnis yang terjadi dewasa ini sangat kompetitif, sehingga setiap perusahaan perbankan berusaha keras dengan segala kiat dan kebijakannya dalam rangka menarik dan merebut simpati calon nasabah agar mau menabung di bank mereka. Oleh karena itu, dalam usahanya menarik nasabah, bank perlu menentukan posisi ( positioning) dan pemilihan segmen pasar yang tepat, agar perusahaan lebih mudah dalam menerapkan strategi pemasaran dan mengurangi persaingan yang semakin tajam dalam suatu industri. Kelangsungan hidup sebuah perusahaan perbankan ditentukan oleh adanya kesetiaan konsumen/ nasabah ( consumer loyalty ) agar tetap menggunakan jasa dari bank yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap Kepuasan nasabah PT. Asuransi Jiwasraya ( Persero ) Semarang Timur Branch Office dan untuk menganalisis pengaruh reputasi perusahaan terhadap Kepuasan nasabah pada PT. Asuransi Jiwasraya ( Persero ) Semarang Timur Branch Office. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Asuransi Jiwasraya ( Persero ) Semarang Timur Branch Office yaitu sebesar 4548, dengan demikian atas dasar rumus diatas, diperoleh ukuran sampel minimal sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan nasabah, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-hitung ( 5,489) > t-tabel ( 1,984) atau sig t ( 0,000) < 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh yang signifikan antara Reputasi terhadap Kepuasan nasabah, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-hitung ( 2,097) > t-tabel ( 1,984 ) atau sig t ( 0,039) < 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan ( X 1 ) dan Reputasi ( X ) secara bersama-sama terhadap Kepuasan nasabah, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan F-hitung ( 38,596) > Ftabel ( 3,090) atau sig F ( 0,000) < 5%, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa adjusted r square sebesar 0,432 hal ini berarti variasi perubahan variabel kepuasan nasabah dipengaruhi variasi kualitas pelayanan ( X 1 ) dan Reputasi ( X 2 2 ) sebesar 43,2%, sedangkan sisanya 56,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :0425020084 SKR.V.05.51.0005
Uncontrolled Keywords: pengaruh kualitas layanan terhadap Kepuasan nasabah PT. Asuransi Jiwasraya ( Persero ) Semarang Timur
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 12:55
Last Modified: 19 Jul 2012 07:12
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item