Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Sukuntex Kudus)

Wahyudi, Dwi Noor (2010) PENGARUH MOTIVASI, KEPUASAN, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Sukuntex Kudus). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengambil obyek penelitian pada PT. Sukuntex Kudus yang bergerak dalam industri textile menuntut para karyawannya untuk selalu meningkatkan kinerjanya. Topik yang diangkat dalam penelitian ini adalah faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dari beberapa penelitian terdahulu diantaranya yaitu gaji, kepuasan kerja dan disiplin kerja. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria antara lain: karyawan yang diambil sebagai sampel merupakan karyawan bagian produksi yang telah bekerja minimal selama 3 tahun di PT. Sukuntex Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ( individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Kerja ( X ) terhadap Kinerja Karyawan ( Y ) ; secara parsial ( individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepuasan Kerja ( X 2 1 ) terhadap Kinerja Karyawan ( Y ) ; secara parsial ( individu) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin Kerja ( X ) terhadap Kinerja Karyawan ( Y ) . Dan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Kerja ( X 3 1 ) , Kepuasan Kerja ( X 2 ) , Disiplin Kerja ( X ) secara simultan ( bersama-sama ) terhadap Kinerja Karyawan ( Y ) , dengan nilai koefisien determinasi ( Adjusted R Square ) sebesar 0,646 yang berarti bahwa variabel Motivasi Kerja ( X 1 ) , Kepuasan Kerja ( X 2 ) , Disiplin Kerja ( X 3 ) hanya memiliki konstribusi sebesar 64,60% dalam mempengaruhi Kinerja Karyawan ( Y ) . 3 Saran-saran yang dapat diajukan di dalam penelitian ini antara lain : pimpinan perusahaan harus meningkatkan hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi karyawan agar kinerja karyawan semakin meningkat antara lain dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengembangkan kariernya di perusahaan; adanya pemberian fasilitas kerja pada karyawan serta keahlian dalam menyelesaikan pekerjaan tergolong baik. Pimpinan juga perlu memperhatikan halhal yang berkaitan dengan disiplin kerja karyawan meliputi : karyawan mampu mengendalikan diri dalam bekerja dengan mematuhi peraturan yang ditetapkan perusahaan, karyawan hendaknya memperhatikan kedatangan ( absensi ) karyawan dan ketepatan kehadiran di tempat kerja, dan karyawan mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan pimpinan. Dan faktor-faktor yang perlu dipertahankan pihak perusahaan dalam hal kepuasan kerja karyawan antara lain: kondisi di tempat kerja yang mendukung, begitu pula rekan kerja di perusahaan yang supportif ( mendukung ) , serta adanya pendelegasian pekerjaan yang sesuai yang diberikan pimpinan kepada karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM :03.2502.0052 skr.v.05.51.0020
Uncontrolled Keywords: Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria antara lain: karyawan yang diambil sebagai sampel merupakan karyawan bagian produksi yang telah bekerja minimal selama 3 tahun di PT. Sukuntex Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ( individu)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:04
Last Modified: 10 Jul 2012 13:04
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item