Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGARUH CITRA SWALAYAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Swalayan Sri Ratu Peterongan)

HERLIANA , LUSI (2010) ANALISIS PENGARUH CITRA SWALAYAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Swalayan Sri Ratu Peterongan). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah : “ANALISIS PENGARUH CITRA SWALAYAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (Studi Kasus Pada Swalayan Sri Ratu Peterongan)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk menganalisis pengaruh harga, pelayanan, kualitas dan lingkungan fisik secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen di pasar swalayan Sri Ratu Peterongan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di pasar swalayan Sri Ratu Peterongan Semarang, Sedangkan sampelnya adalah 100 dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel Accidental Sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer dengan cara wawancara, kuesioner dan data sekunder. Alat analisis yang dipergunakan adalah uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, uji t, dan uji f. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : Pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,352 > nilai t tabel = 1,662 atau signifikan α = 0,021 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan harga terhadap loyalitas konsumen diterima. Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,843 > nilai t tabel = 1,662 atau signifikan α = 0,009 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen diterima. Pengaruh pelayanan terhadap loyalitas konsumen adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,661 > nilai t tabel = 1,662 atau signifikan α = 0,009 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan pelayanan terhadap loyalitas konsumen diterima. Pengaruh fasilitas terhadap loyalitas konsumen adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,521> nilai t tabel = 1,662 atau signifikan α = 0,013 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan fasilitas terhadap loyalitas konsumen diterima. Pengaruh harga, kualitas produk, pelayanan dan fasilitas fisik secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai F hitung = 125,227 > nilai F tabel = 2,47 atau signifikan α = 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan harga, kualitas produk, pelayanan dan fasilitas fisik terhadap loyalitas konsumen diterima. Koefisien sebesar 0,840 yang menunjukkan bahwa antara harga (X ), kualitas produk (X 2 ), pelayanan (X 3 ) dan fasilitas fisik (X ) secara bersama-sama mempunyai sumbangan variasi atau berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (Y) sebesar 84 %, sedangkan sisanya 16 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati. 4 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :05.3502.0520 SKR.V.05.51.0041
Uncontrolled Keywords: Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di pasar swalayan Sri Ratu Peterongan Semarang, Sedangkan sampelnya adalah 100 dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel Accidental Sampling. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer dengan cara wawancara, kuesioner dan data sekunder. Alat analisis yang dipergunakan adalah uji validitas, reliabilitas, regresi berganda, uji t, dan uji f.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:20
Last Modified: 10 Jul 2012 13:20
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item