Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENENTUAN KESESUAIAN AREA TANAMAN PADI SAWAH BERDASARKAN PENGAIRAN (IRIGASI) BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI STUDI KASUS KABUPATEN GROBGAN

Widodo, Wahyu (2012) PENENTUAN KESESUAIAN AREA TANAMAN PADI SAWAH BERDASARKAN PENGAIRAN (IRIGASI) BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI STUDI KASUS KABUPATEN GROBGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengairan adalah salah satu elemen penting bagi syarat tumbuh tanaman padi sawah dengan kata lain pengairan selalu dikaitkan dengan produksi pertanian yaitu lahan yang pengairanya sesuai Kriteria akan menghasilka produtivitas panen yang tinggi. walaupun masih ada beberapa lahan sawah yang kekurangan air, Kabupaten Grobogan memiliki produktivitas padi cukup tinggi setiap tahunya hal itu dapat ditingkatkan lagi pemerintah yang terkait dapat mengusahakan saluran irigasi bagi lahan sawah yang kering. Penenentuan Kesesuaian Area Tanaman Padi Sawah Berdasarkan Pengiran (Irigasi) bebrbasis SIG Dikabupaten Grobogan dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa dan membadingkan lahan sawah tiap kecamatan sebagai acuan bagi petani maupun dinas yang terkait untuk mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasinya Sistem informasi geografis adalah Sistem Informasi yang mengelola data yang memiliki informasi spasial atau bersifat keruangan. Pengolahan informasi tabular dalam analisis daerah potensi perkebunan dilakukan dengan pembobotan untuk setiap kriteria syarat tumbuh untuk tanaman perkebunan. Sedangkan pengolahan data spasial dilakukan dengan overlay pada Arcview. Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Pembobotan ,Kesesuaian Lahan Pertanian, Pengairan,Overlay.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM:06.01.53.0071 SKR.I.05.01.0822
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, Pembobotan ,Kesesuaian Lahan Pertanian, Pengairan,Overlay.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:42
Last Modified: 17 Jul 2012 04:42
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item