Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Rancang Bangun Sistem Informasi Perundangan Untuk Surat Edaran Gubernur Provinsi Jawa Tengah Berbasis Web Menggunakan Java Server Pages ( JSP ) Dengan Format Data XML

SUTOMO, ADI (2011) Rancang Bangun Sistem Informasi Perundangan Untuk Surat Edaran Gubernur Provinsi Jawa Tengah Berbasis Web Menggunakan Java Server Pages ( JSP ) Dengan Format Data XML. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi diera globalisasi sekarang ini semakin mempermudah dan mempercepat informasi disebar luaskan melalui media televisi, radio, sms, dan internet. Dengan demikian, maka masyarakat semakin mudah untuk memperoleh semua informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan, hubungan kerja, pemasaran produk, dan kemajuan dunia usahanya. Penerapan dan pelaksanaan Surat Edaran Gubernur sangat berpengaruh terhadap jalannya pelaksanaan pembangunan, investasi, pelayanan masyarakat, dan pelaksanaan Otonomi Daerah di Kabupaten dan Kota. Oleh karena itu, penyampaian informasi penerapan dan pelaksanaan Surat Edaran Gubernur yang tersaji secara jelas, simpel dan lengkap, mudah diakses kapan saja dalam bentuk website adalah suatu keharusan dan tuntutan masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan suatu perancangan system informasi berbasis web Surat Edaran Gubernur Provinsi Jateng, dengan tujuan agar nantinya masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan data SE Gub Prov. Jateng. Dalam penelitian ini Data SE Gub Prov. Jateng yang semula berformat teks biasa disusun menjadi data dengan format XML. Format XML merupakan format penulisan yang memisahkan antara struktur dan isi dokumen, maka dari itu format XML adalah format yang cocok untuk menyusun SE Gub Prov. Jateng. Untuk melakukan penelitian ini digunakan SQL Server 2008 sebagai basis data, dan Macromedia Dreamwever 2004 sebagai sarana untuk menyusun kode JSP. Dalam penelitian ini terdapat proses input data SE Gub Prov. Jateng dengan format teks dan mengupload file SE Gub Prov. Jateng dengan format PDF. Dari inputan data dengan format teks kemudian data ditransferkan kedalam variable-variabel yang telah ditentukan untuk kemudian disusun dalam format XML dengan menggunakan XPath. Kemudian data di simpan dalam basis data dengan menggunakan XQuery dan file PDF akan tersimpan dalam folder yang telah ditentukan. Untuk menampilkan data yaitu dengan mengambil data dengan format XML kemudian data di pecah kembali menjadi beberapa bagian data dengan menggunakan XPath, hal ini dikarenakan format data XML hanya menggunakan satu kolom dalam satu tabel. Sama halnya dengan proses pencarian hanya saja dalam pencarian terdapat filterisasi data dari form pencarian berupa string, untuk perbandingan pencarian data. Setiap data SE Gub Prov. Jateng memiliki “ID” yang berbeda dan urut setiap melakukan penginputan hal ini nantinya akan mempermudah dalam penghapusan data yang berdasarkan “ID” tanpa berdasar nomor surat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM:07.01.53.0120 SKR I.05.01.0723
Uncontrolled Keywords: XML,XQuery, JSP, Menangani file pada JSP, Surat Edaran,MSSQL Server 2008.
Subjects: ?? teknikinf ??
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:42
Last Modified: 31 Jul 2012 07:01
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item