Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PELAYANAN KONSUMEN PADA WINCOM SERVIS KOMPUTER SEMARANG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB

SUPRIYANTO, ARIS (2016) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PELAYANAN KONSUMEN PADA WINCOM SERVIS KOMPUTER SEMARANG MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

CRM (Customer Relationship Management) untuk pelayanan konsumen pada Wincom servis komputer menggunakan Gateway ini merupakan salah satu fasilitas yang memanfaatkan media SMS. Sistem akan memberikan informasi kondisi barang yang diservis kepada pelanggan, sehingga memungkinkan pelanggan dapat mengetahui kondisi barang yang diservis dengan efektif. Metode pengembangan sistem CRM yang digunakan adalah CBD (Component Based Development). Dengan pendekatan CBD memungkinkan suatu aplikasi terbentuk dari komponen-komponen yang dibentuk secara independen dan reuseable. Sedangkan perancangan sistem menggunakan Usecase Diagram, Class Diagram dan Flowchart. Aplikasi SMS Gateway dibuat dengan program PHP, untuk engine SMS menggunakan Gammu dan untuk menghubungkan modem dengan database MySQL

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM:13.01.63.0003 SKR.I.05.02.01384
Uncontrolled Keywords: CRM, SMS Gateway, CBD, Usecase Diagram, Class Diagram, Flowchart, Gammu, PHP, MySQL.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 10 Jun 2016 09:29
Last Modified: 10 Jun 2016 09:29
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item