Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Fasilitas Umum Berbasis Web menggunakan Freeware Opensource Mapserver dengan Sistem Operasi Linux Ubuntu 9.04 (Studi kasus : Kec. Banyumanik Semarang)

Sulistiyo, Kartiko (2011) Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Fasilitas Umum Berbasis Web menggunakan Freeware Opensource Mapserver dengan Sistem Operasi Linux Ubuntu 9.04 (Studi kasus : Kec. Banyumanik Semarang). Undergraduate thesis, universitas stikubank.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Sistem Informasi Geografis berbasis web mempunyai peran sangat penting dalam memberikan informasi kepada publik. Dalam penelitian ini adalah aplikasi SIG yang berbasiskan internet (web-based) tentang 'Fasilitas-umum'. Objek fasilitas umum meliputi lokasi rumah sakit, puskesmas, kantor layanan publik, kantor pos, kantor polisi, bank, sekolah, peribadatan, hotel dan spbu. Tujuan dari aplikasi ini adalah mengolah data spasial dan menyajikannya kembali dalam bentuk informasi tematik yang baru kemudian mempublikasikannya via aplikasi SIG berbasis layanan web. Aplikasi yang dibangun berupa tampilan web dengan menu-menu pencarian lokasi fasilitas umum, sehingga orang yang awam sekalipun tentang SIG dapat menggunakan dengan mudah. Informasi yang didapatkan adalah visualisasi nama lokasi, alamat serta tampilan fisik berupa foto objek. Untuk mendukung aplikasi ini peneliti menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu 9.04, Mapserver serta framework pMapper-3.2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 04.01.53.0108 SKR.I.05.01.0677
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis, webGIS, fasilitas umum, mapserver
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TS Manufactures
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Widodo Prihatin
Date Deposited: 17 Jul 2012 07:56
Last Modified: 17 Jul 2012 07:56
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item