Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI USP SWAMITRA BERDIKARI SEMARANG

Mustaghfirin, Heru (2016) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD DI USP SWAMITRA BERDIKARI SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Balanced Scorecard adalah salah satu alternatif pengukuran kinerja yang bertujuan meggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non keuangan. Pengukuran kinerja balanced scorecard berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, namun hasil perspektif pelanggan dinilai masih kurang optimal dalam hal pencapaian pelanggan baru. Sehingga berpengaruh juga pada pengembangan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh dari karywan dan nasabah USP Swamitra Semarang. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan USP Swamitra periode tahun 2010,2011,2012. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson. Untuk menentukan skor tingkat kepuasan nasabah dan karyawan menggunakan analisis faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja USP Swamitra dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Dengan menggunakan penilaian kinerja tersebut,dapat diketahui bahwa hubungans sebab akibat antar faktor pendukung kinerja dengan hasil yang dicapai. Sehingga diharapkan USP Swamitra Semarang mampu menjadi koperasi terpercaya, memiliki komitmen dan dapat menghasilkan laba yang optimal. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahawa perspektif keuangan yaitu nilai Return on Asset (ROA), Rasio Operasi (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) mengalami peningkatan cost effectiveness untuk mencapai laba optimal. Perspektif pelanggan dapat meningkatkan market share, kepuasan nasabah menghasilkan angka 31,14% yang cukup baik serta didukung peningkatan profitabilitas konsumen selama tiga tahun. Perspektif bisnis internal menggunakan rasio AETR menunjukkan peningkatan efektivitas, efesiensi dan ketepatan proses transaksi. Kemudian perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan, persentase pelatihan karyawan yang terampil setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi peningkatan tingkat kepuasan karyawan menunjukkan skor nilai rata rata keseluruhan 4,48 selama tiga tahun yang menghasilkan kategori baik/puas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 08.04.51.0019 SKR.IV.04.51.0246
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, Balanced Scorecard.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknik
Depositing User: Yudi Cahyo
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:06
Last Modified: 22 Feb 2017 04:07
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item