Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KLAIMEN PADA PT. ASURANSI MEGA PRATAMA SEMARANG

Nugroho, Danang Dwi (2016) PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KLAIMEN PADA PT. ASURANSI MEGA PRATAMA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan klaimen pada PT. Asuransi Mega Pratama Semarang dengan perspektif teori pemasaran. Sesuai teori pemasaran bahwa hampir semua perusahaan untuk bisa mengoptimalkan output yang dicapai. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah perbaikan berkesinambungan di dalam bidang kepuasan pelanggan. Pendekatan ini dapat berhasil dengan baik apabila dengan usaha peningkatan kualitas pelayanan, karena faktor kualitas pelayanan merupakan dimensi yang terpenting dalam perbaikan pemasaran. Usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu dengan memperhatikan dimensia kualitas pelayanan. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik puposive sampling, yaitu sebuah sampel non probability sampling yang menyesuaikan diri dengan kriteria tertentu. Dimana sampel penelitian adalah nasabah yang melakukan klaim sebanyak 88 orang klamen.. Alat analisis data menggunakan regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian ditemukan dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangibles), Kehandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance) dan Empati (emphaty) secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan klaimen pada PT. Asuransi Mega Pratama Semarang ; dimensi daya tanggap (responsiveness) memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan klaimen pada PT. Asuransi Mega Pratama Semarang ; dimensi kualitas pelayanan memberikan kontribusi terhadap kepuasan klaimen pada PT. Asuransi Mega Pratama Semarang sebesar 93,6%. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu hanya menguji kepuasan klaimen PT. Asuransi Mega Pratama Semarang. Dengan demikian hasil dalam penelitian ini mungkin tidak sepenuhnya akurat bila diterapkan pada PT. Asuransi lain. Mungkin ada variabel lain di luar model penelitian yang juga berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan klaimen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM. 12.05.51.0200 SKR.V.05.51.0945
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 22 Feb 2017 04:16
Last Modified: 22 Feb 2017 04:16
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item