Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN JOK SEPEDA LOW RIDER DENGAN PENDEKATAN ERGONOMIS UNTUK KENYAMANAN PENGENDARA DALAM BERSEPEDA

ANGGARA, OKKY (2014) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN JOK SEPEDA LOW RIDER DENGAN PENDEKATAN ERGONOMIS UNTUK KENYAMANAN PENGENDARA DALAM BERSEPEDA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kenyamanan pengendara sepeda low rider masih belum sepenuhnya terealisasi karena adanya fasilitas yang masih belum memenuhi kriteria ergonomis yaitu pada jok sepeda low rider. Keergonomisan sebuah produk ataupun fasilitas kerja yang nantinya akan digunakan/dioperasikan oleh manusia sungguh sangat penting agar bisa memenuhi kriteria efektif, nyaman, aman, sehat dan efisien (ENASE). Jok pada sepeda low rider belum ergonomis dikarenakan jok sepeda yang terlalu kecil dan sandaran yang terbuat dari besi sehingga cepat menimbulkan kelelahan fisik pada pengendara sepeda. Selain itu, volume jok sepeda juga dirasa kurang nyaman karena hanya memiliki dimensi ukuran panjang jok sepeda = 46 cm, lebar jok sepeda = 13 cm, tebal jok sepeda = 4 cm, tinggi sandaran = 12 cm, dan sudut sandaran = 95. Sehingga pengendara merasa kurang nyaman pada saat mengendarai sepeda low rider. Penerapan ergonomis merupakan suatu aktivitas perancangan dalam membuat fasilitas atau produk yang lebih nyaman untuk digunakan. Perancangan tersebut dilakukan dengan menentukan ukuran dimensi tubuh pada manusia. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran dimensi pada

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM. 08.04.51.0023 SKR.IV.04.51.0227
Uncontrolled Keywords: PERANCANGAN PRODUK, ERGONOMIS,JOK SEPEDA LOW RIDER
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknik
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 22 Feb 2017 05:08
Last Modified: 22 Feb 2017 05:08
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item View Item