Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI KUALITAS MENURUT KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK “HONDA” DI KECAMATAN AMBARAWA

Winarsa , Dwi (2011) PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI KUALITAS MENURUT KONSUMEN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK “HONDA” DI KECAMATAN AMBARAWA. Undergraduate thesis, universitas stikubank semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen secara bersama maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian dan untuk menganalisis variabel manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, dengan kuesioner sebagai instrument penelitian, yang kemudian diolah dengan perhitungan SPSS (Statistical Product and Solutions) versi 16. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pembeli dan pengguna sepeda motor merek Honda di kecamatan Ambarawa. Sampel yang diambil adalah sebagian dari populasi, yaitu konsumen pembeli dan pengguna sepeda motor merek Honda di Kecamatan Ambarawa yang berjumlah 100 responden.. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Variabel yang ada dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu motivasi konsumen, persepsi kualitas dan sikap konsumen, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian. Hipotesis diformulasikan dan diuji dengan asumsi klasik yang meliputi uji Multikolinearitas, Heteroskedastisitas dan Normalitas. Hasilnya menunjukkan normaliatas dan terhindar dari pelanggaran Asumsi Klasik. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel X (bebas) terhadap variabel Y (terikat) dengan menggunakan uji simultan (F) dan uji parsial (t). Analisis hasil perhitungan didapat nilai f = 40,678 lebih besar dari nilai F tabel dengan taraf signifikan 5% yaitu 2,70 yang berarti variabel bebas secara bersamasama berpengaruh terhadap variabel terikat. Sedangkan untuk analisis uji t didapat nilai t hitung tiap variabel bebas adalah: motivasi = 5,489; persepsi kualitas = 4,084; sikap konsumen = 2,690. Semua nilai lebih besar dari nilai t tabel dengan signifikansi 5% yaitu 1,985. Dengan demikian menunjukkan masing-masing variabel bebas terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap veriabel terikat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 07.05.51.0121 SKR V: 05.51.0080
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Persepsi Kualitas,Sikap Konsumen. Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 17 Jul 2012 09:41
Last Modified: 17 Jul 2012 09:41
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item