Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI)

Indrayani, Novi (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas terhadap auditor dalam memberikan opini audit dengan going concern. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yaitu sampel dipilih atas dasar kesesuaian karakteristik dengan kriteria yang ditentukan. Berdasarkan kriteria diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan uji regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa model regresi layak dipakai untuk dianalisis. Dengan menggunakan uji regresi logistik penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Variabel likuiditas dalam penelitian ini terdiri dari Quick Ratio (QR) dan Banking Ratio (BR). Variabel Quick Ratio (QR) tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan likuiditas yang diukur dengan menggunakan Banking Ratio (BR) tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. (2) Variabel profitabilitas dalam penelitian ini terdiri dari Return On Assets (ROA) dan Interest Margin Loan (IML). Variabel Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan profitabilitas yang diukur dengan menggunakan Interest Margin Loan (IML) tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. (3) Variabel solvabilitas dalam penelitian ini terdiri dari Capital Ratio (CR) dan Capital Adequency Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :08.05.52.0146 No Panggil : SKR.V.5.02.0047
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas dan opini audit going concern
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 25 May 2012 03:37
Last Modified: 14 Jun 2012 03:13
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item