Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITA

Sundoro , Melinda Arfia (2011) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM JAWA TENGAH RANGGAWARSITA. Undergraduate thesis, universitas stikubank semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Museum Ranggawarsita sebagai jendela informasi seni dan budaya dan museum sebagai salah satu lembaga edukatif cultural yang selalu dituntut untuk dapat menginformasikan koleksinya kepada masyarakat. Namun paradigma yang berkembang saat ini bahwa museum itu memberi kesan menyeramkan, gelap dan berisi benda-benda kuno dan antik sehingga identik dengan hal-hal yang berbau mistik dan tidak menarik untuk dikunjungi. Museum Jawa Tengah Ranggawarsita memiliki potensi untuk berkembang menjadi lebih baik dan dapat menarik wisatawan untuk datang ke Museum Ranggawarsita, namun semua itu perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kehandalan, Bukti Fisik, Ketanggapan, Jaminan dan Empati terhadap Kepuasan Pengunjung pada Museum Ranggawarsita Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Museum Ranggawarsita Jawa Tengah. Dimana jumlah sampel yang diteliti adalah 100 orang pengunjung, yang ditentukan dengan menggunakan accidental sampling. Berdasarkan hasil pengujian terbukti bahwa reliability (kehandalan), tangible (bukti fisik), responsivenesss (ketanggapan), assurance (jaminan) dan 7 emphaty (empati) berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pengunjung. Dengan demikian diharapkan Museum Jawa Tengah Ranggawarsita untuk dapat lebih memperhatikan kelima variabel di atas agar pengunjung merasa puas dan berdampak dengan semakin meningkatnya jumlah pengunjung di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 07.05.51.0022 SKR V: 05.51.0097
Uncontrolled Keywords: kehandalan, bukti fisik, ketanggapan, jaminan, empati dan kepuasan pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 17 Jul 2012 10:02
Last Modified: 17 Jul 2012 10:02
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/425

Actions (login required)

View Item View Item