Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

FAKTOR PAJAK DAN FAKTOR LAIN TERHADAP TINGKAT HUTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2008-2010

Windarti , Anastasia (2012) FAKTOR PAJAK DAN FAKTOR LAIN TERHADAP TINGKAT HUTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2008-2010. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang menunjukkan fenomena yang cukup menarik, yaitu adanya tingkat hutang yang tinggi pada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kebijakan hutang (leverage) memainkan peran yang cukup penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi hutang (leverage) karena dari peneliti terdahulu masih terdapat hasil penelitian yang tidak konsisten. Penelitian ini selain menggunakan faktor pajak terdiri dari tarif pajak perusahaan (Corporate Tax Rate), keuntungan pajak selain karena hutang (NonDebt Tax Shield) dalam bentuk depresiasi aktiva tetap yang mempengaruhi hutang, juga memprediksi faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi hutang, yaitu set kesempatan pertumbuhan (Investment Opportunity Set), profitabilitas (Profitability), dan hutang masa lalu (Past Debt). Objek penelitian (sampel) ini adalah sebanyak 90 perusahaan manufaktur dengan periode 2008 sampai dengan 2010. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Data diuji dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Investment Opportunity Set dan Past Debt berpengaruh positif signifikan terhadap Leverage. Corporate Tax Rate dan Non-Debt Tax Shield berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Leverage, sedangkan Profitability berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Leverage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM :09.05.52.007 No Panggil : SKR.V.5.02.0003
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Leverage, Corporate Tax Rate, Non-Debt Tax Shield, Investment Opportunity Set (IOS), Profitability, Past Debt.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 02:32
Last Modified: 14 Jun 2012 03:40
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item