Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN ARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (Study Pada PT. Asuransi Syariah Mubarakah Regional Jawa Tengah)

Apriyantini, Anik (2011) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN ARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (Study Pada PT. Asuransi Syariah Mubarakah Regional Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menguji pengaruh karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan dengan perspektif teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Sesuai teori Manajemen Sumber Daya Manusia bahwa hampir semua jenis pekerjaan untuk bisa mengoptimalkan output yang dicapai. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah perbaikan berkesinambungan di segala bidang antara lain mulai dari manajemen sumberdaya manusia, proses produksi dan pemasaran. Pendekatan ini dapat berhasil dengan baik apabila dengan usaha peningkatan sumberdaya manusia yang tepat, karena faktor manusia merupakan dimensi yang terpenting dalam perbaikan kualitas. Usaha yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan yaitu dengan memperhatikan karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh karakteritik individu dan karakteristik pekerjaan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Asuransi Syariah Mubarakah Regional Jawa Tengah. Untuk mengkaji penelitian ini diperlukan kajian teori mengenai pengertian pengertian karakteristik individu (kebutuhan beprestasi, masa kerja dan tingkat pendidikan), pengertian karakteristik pekerjaan (keanekaragaman ketrampilan, identitas tugas, pentingnya tugas, otonomi dan umpan balik) serta pengertian prestasi kerja. Tehnik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik total sampling/sensus, dimana semua populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini yakni semua karyawan ditingkat manajer sampai dengan staf pada PT. Asuransi Syariah Mubarakah Regional Jawa Tengah yang berjumlah 97 orang. Analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas serta regresi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu karakteristik individu dan karakteristik pekerjaan secara uji parsial (individu) berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. Asuransi Syariah Mubarakah Regional Jawa Tengah. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu hanya menguji prestasi kerja karyawan PT. Asuransi Syariah Mubarakah Regional Jawa Tengah. Hasil dalam penelitian ini mungkin tidak sepenuhnya akurat bila diterapkan pada PT. Asuransi lain. Mungkin ada variabel lain di luar model penelitian yang juga berpengaruh dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan pada instansi/organisasi yang lain atau PT. Asuransi Syariah Mubarakah di wilayah yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM. 07.3502.0730 SKR V.05.51.0105
Uncontrolled Keywords: Karakteritik individu, karakteristik pekerjaan dan prestasi kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Cholifah Noor
Date Deposited: 26 Jul 2012 10:22
Last Modified: 26 Jul 2012 10:22
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item