Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PENGADAAN AIR OLEH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN SEMARANG

Fajri, Naufal Egiatha (2019) PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PENGADAAN AIR OLEH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kebutuhan hidup manusia adalah Air. Kebutuhan pokok akan air di Kabupaten Semarang ini dipasok melalui lembaga resmi yang disebut PDAM. Air yang disalurkan oleh PDAM tidak selamanya terpenuhi dikarenakan kualitas air dan kurang baiknya pelayanan yang diberikan oleh PDAM. Keadaan seperti itulah yang dikeluhkan oleh masyarakat yang menjadi pelanggan (konsumen) PDAM. Dalam penelitian ini permasalahan yang akan dibahas mengenai Hak-Hak Normatif Pelanggan menurut Undang-Undang N0. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Upaya Penyelesaian Sengketa terhadap Perlindungan Konsumen dalam pengadaan air oleh PDAM apabila terjadi sengketa antara pelanggan dengan PDAM, dan Masalah-Masalah Hukum yang timbul dalam rangka Perlindungan Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tipe penelitian dan spesifikasi yuridis normatif dengan menggunakan sumber data sekunder yang berupa keterangan atau informasi, penjelasan dan bahan kepustakaan, sedangkan teknik analisa deskriptif normatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PDAM Kabupaten Semarang diperoleh kesimpulan bahwa hak-hak normatif pelanggan menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen diantaranya hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, upaya penyelesaian sengketa terhadap perlindungan konsumen dalam pengadaan air oleh PDAM apabila terjadi sengketa melalui penyelesaian sengketa menurut Undang-Undang dan penyelesaian melalui PDAM, serta masalah-masalah hukum yang terjadi dalam perlindungan konsumen diantaranya kurangnya sosialisasi terhadap Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, kondisi jalan nasional untuk perbaikan pipa membutuhkan perijinan Bina Marga, persediaan air baku terbatas serta kualitas air dan sumber daya manusia terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKR.II.05.01.0274 NIM: 15.02.51.0034
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Hak-Hak Normatif Pelanggan, Pelayanan PDAM
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution: Fakultas Hukum
Depositing User: H Hayati
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:18
Last Modified: 12 Nov 2019 04:18
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item