Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Rahudiono, Danang (2012) ANALISIS PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan salah satu sumber utama informasi keuangan yang sangat penting bagi sejumlah pemakai atau investor dalam pengambilan keputusan ekonomi. Pentingnya laporan keuangan sebagai sumber informasi bagi investor, menimbulkan ketertarikan untuk meneliti informasi dalam laporan keuangan khususnya laba akuntansi dan arus kas operasi yang tercermin dalam return saham. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh laba akuntansi, arus kas operasi terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 54 perusahaan. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Adapun sampel dalam penelitian ini ada 162 perusahaan manufaktur. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu; variabel bebas meliputi Laba Akuntansi dan Arus Kas Operasi. Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Hasil analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa Laba Akuntansi dan Arus Kas Operasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap return saham, yang artinya semakin tinggi laba akuntansi dan arus kas operasinya maka semakin besar keuntungan yang di peroleh dari kepemilikan saham (return saham).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 07.2503.0069 No Panggil : SKR.V.5.02.0009
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi dan Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 02:36
Last Modified: 14 Jun 2012 03:29
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item