Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

REAKSI HARGA SAHAM TERHADAP PENGUMUMAN KENAIKAN ATAU PENURUNAN DIVIDEN KAS (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di BEI)

Mandiritama , Diaz (2012) REAKSI HARGA SAHAM TERHADAP PENGUMUMAN KENAIKAN ATAU PENURUNAN DIVIDEN KAS (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris perbedaan return saham, dan abnormal return saham sebelum dan sesudah perusahaan mengeluarkan pengumuman kenaikan dividen kas dan penurunan dividen kas. Permasalahan dividen ini, terdapat konflik kepentingan antara perusahaan dengan para pemegang saham. Perusahaan intinya lebih menyukai untuk menahan laba tersebut sebagai laba yang ditahan. Hal ini disebabkan karena perusahaan membutuhkannya untuk kebutuhan operasional perusahaan dan untuk kepentingan investasi perusahaan. Di sisi lain para pemegang saham dari perusahaan tersebut tentunya lebih menyukai apabila perusahaan membagikannya dalam bentuk dividen. Populasi yang dipergunakan adalah perusahaan seluruh perusahaan yang mengeluarkan dividen kas pada periode tahun 2007-2009, yang diumumkan pada tahun 2008-2010. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan. Hasil penelitian adalah : Tidak terdapat perbedaan antara return saham 2 hari sebelum pengumuman dividen naik dan return saham 2 hari sesudah pengumuman dividen naik. Terdapat perbedaan antara return saham 2 hari sebelum pengumuman dividen turun dan return saham 2 hari sesudah pengumuman dividen turun. Hasil ini mendukung penelitian Lisa Apriani (2005), yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara harga saham sebelum dan sesudah pengumuman dividen kas. Tidak terdapat perbedaan antara abnormal return saham 2 hari sebelum pengumuman dividen naik dan abnormal return saham 2 hari sesudah pengumuman dividen naik. Hasil ini mendukung penelitian Kurniawati (2004), yang menyatakan adanya reaksi pasar yang signifikan dengan adanya pengumuman dividen kas. Tidak terdapat perbedaan antara abnormal return saham 2 hari sebelum pengumuman dividen turun dan abnormal return saham 2 hari sesudah pengumuman dividen turun. Hasil ini mendukung penelitian Lisa Apriani (2005), yang menyatakan adanya reaksi pasar yang signifikan dengan adanya pengumuman dividen kas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim : 08.05.51.0019 No Panggil: SKR.V.5.02.0013
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Dividen Naik,Dividen Turun, Return Saham dan Abnormal Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 08:16
Last Modified: 14 Jun 2012 03:19
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item