Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP KINERJA PROFITABILITAS PADA PERBANKAN DI INDONESIA ( Studi Pada BPD di Indonesia Periode 2005 – 2009 )

Ratnaningsih, Dwi Persita R (2012) PENGARUH EFISIENSI OPERASIONAL TERHADAP KINERJA PROFITABILITAS PADA PERBANKAN DI INDONESIA ( Studi Pada BPD di Indonesia Periode 2005 – 2009 ). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perbankan merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian, salah satunya adalah Bank diharapkan mampu memobilisasi dana masyarakat dalam rangka mengembangkan industri perbankan di Indonesia. Profitabilitas bank merupakan kemampuan suatu bank untuk memperoleh laba yang dinyatakan dalam persentase profit, pengukuran dilakukan dengan memilih pendekatan ROA. BPD adalah bank-bank pembangunan daerah yang pendiriannya didasarkan pada UndangUndang No.13 Tahun 1962. Bank Pembangunan Daerah harus memilih dan menetapkan badan hukumnya apakah untuk menjadi Perusahaan Pembangunan di Daerah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Dana Pihak Ketiga ( DPK) , Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional ( BOPO) , Capital Adequacy Ratio ( CAR ) , dan Loan to Deposit Ratio ( LDR ) terhadap kinerja profitabilitas perbankan. Populasi pada penelitian ini adalah Bank Pembangunan Daerah ( BPD ) di Indonesia periode 2005-2009 yaitu sebanyak 26 bank. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Adapun sampel dalam penelitian ini ada 25 perusahaan perbankan. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial DPK, dan CAR tidak berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perbankan sedangkan BOPO, dan LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perbankan. Hal ini berarti besar kecilnya profitabilitas dipengaruhi oleh tinggi rendahnya BOPO maupun LDR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 08.05.52.0118 No Panggil: SKR.V.5.02.0014
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Return On Assets ( ROA) , Dana Pihak Ketiga ( DPK) , Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional ( BOPO) , Capital Adequacy Ratio ( CAR ) , Loan to Deposit Ratio ( LDR ) .
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 08:17
Last Modified: 14 Jun 2012 03:29
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item