Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE DAN RETURN ON ASSET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Apriyanti, Iin (2012) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE DAN RETURN ON ASSET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Didirikannya sebuah perusahaan memiliki tujuan yang jelas. Ada beberapa hal yang mengemukakan tentang tujuan pendirian suatu perusahaan. Dalam perkembangannya perusahaan selalu mempertahankan serta memperhatikan keunggulan bisnisnya dalam rangka peningkatan nilai perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dapat melakukan pengembangan bisnis maupun pengurangan skala ekonomi dalam jangka panjang demi usahanya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI ( Bursa Efek Indonesia ) pada tahun 2008 sampai 2010 secara berturut-turut. Teknik pengambilan sampel yaitu purpose sampling dengan kriteria sebagai berikut: ( 1) perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2008 sampai 2010 secara berturut-turut. ( 2) Melaporkan laporan keuangan dalam bentuk Rupiah. ( 3) Perusahaan mempunyai annual report yang lengkap sesuai dengan variabel penelitian dan dalam periode pengamatan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari kepemilikan insitusional terhadap nilai perusahaan. Sama halnya dengan ukuran perusahaan dan return on asset terhadap nilai perusahaan yang memiliki pengaruh positif. Lain halnya dengan financial leverage yang mempunyai pengaruh yang negatif terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 08.05.52.0142 SKR : V.5.02.0018
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Financial Leverage, ROA, dan Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 08:19
Last Modified: 14 Jun 2012 03:05
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item