Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF (KAP), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP RENTABILITAS (ROA) PADA PT BPR DI KOTA SURAKARTA

Murti, Isti Yuanita (2012) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF (KAP), LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN EFISIENSI OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP RENTABILITAS (ROA) PADA PT BPR DI KOTA SURAKARTA. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Quality of Assets Produktive ( KAP ), Loan to Deposit Ratio (LDR), Efisiensi Operasional (BOPO) terhadap rentabilitas (ROA) pada PT BPR di Kota Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 11 PT BPR di Kota Surakarta dengan aspek yang diteliti adalah laporan keuangan periode Desember 2010-September 2011. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode sensus. Variabel penelitian ada 4 yaitu CAR, KAP, LDR, BOPO sebagai variabel bebas dan rentabilitas yang diukur dengan Return On Assets (ROA) sebagai variabel terikat. Data diambil dengan metode dokumentasi. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menggunakan taraf signifikansi sebesar 0,05 diperoleh signifikansinya 0,00. Karena taraf signifikansinya kurang dari 0,05, maka secara bersama-sama variabel CAR, KAP, LDR, BOPO berpengaruh terhadap rentabilitas (ROA) pada PT BPR di Kota Surakarta. Hasil pengujian hipotesis secara parsial KAP tidak berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas, sedangkan CAR, LDR, dan BOPO berpengaruh siginfikan terhadap rentabilitas. Besarnya pengaruh secara bersama-sama CAR, KAP, LDR, BOPO terhadap rentabilitas (ROA) adalah 58,2 %. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 08.05.52.0143 No Panggil : SKR.V.5.02.0018
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), Loan to Deposit Ratio (LDR), Efisiensi Operasional (BOPO), Rentabilitas (ROA).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 08:20
Last Modified: 14 Jun 2012 03:22
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item View Item