Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA AUTOMATED TELLERMACHINE (ATM) PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PATTIMURA SEMARANG

Kafnawati , Windi Putri (2012) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA AUTOMATED TELLERMACHINE (ATM) PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) PATTIMURA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

ATM (Automated Teller Machine) merupakan alat mesin kasir otomatis yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi perbankan secara elektronik. Perlindungan hukum bagi pengguna Automated Teller Machine (ATM) menjadi salah satu pilar dalam upaya untuk mewujudkan perlindungan konsumen jasa perbankan. Namun kenyataannya belum ada standarisasi yang jelas dan mudah dipahami dalam membentuk mekanisme pengaduan nasabah dan transparansi informasi pada produk perbankan tersebut. Permasalahan yang terdapat di dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi nasabah pengguna ATM dalam lembaga Perbankan? 2) Kerugian-kerugian apa saja yang akan dihadapi pengguna ATM dalam melaksanakan transaksi pada lembaga Perbankan? 3) Bagaimanakah tanggung jawab bank terhadap kerugian yang diderita nasabah pengguna ATM dan solusi apa yang diberikan terhadap penyelesaian kerugian tersebut? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan yuridis normatif, dimana menekankan pada teori-teori hukum dan aturan-aturan hukum yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Spesifikasi penelitian yang ditetapkan yaitu deskriptif analitis, dimana penelitian tersebut menggambarkan secara lengkap tentang keadaan objek dan permasalahan berupa perlindungan hukum bagi nasabah bank pengguna ATM yang terdapat pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pattimura Semarang, kemudian dilakukan analisis berdasarkan pengetahuan umum dan terakhir mengambil kesimpulan secara umum. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder; dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Penelitian ini mendapat hasil bahwa dalam perlindungan hukum bagipengguna Automated Teller Machine (ATM) pada Bank Rakyat Indonesia (BRI)Pattimura Semarang, hanya didasarkan pada perjanjian baku yang dituangkan dalam bentuk formulir aplikasi pembukaan rekening baru yang telah dibuat oleh Bank BRI. Bentuk perlindungan hukum yang diberikan pada nasabah penggunaATM BRI berupa peraturan yang mengatur tentang penyelesaian pengaduan nasabah yang bermasalah dengan produk perbankan, termasuk di dalamnyaproduk ATM, yang tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No.7/7/PBI/2005 jo No. 10/10/PBI/2008. Namun ternyata didalam prakteknya, pelaksanaanperlindungan bagi nasabah pengguna ATM yang didasarkan pada perjanjianpengguna ATM sangat sulit diwujudkan. Oleh karena itu, diperlukan peraturanhukum yang memberikan perlindungan bagi nasabah selaku konsumen perbankan tidak hanya melalui UUPK (Undang-Undang Perlindungan Konsumen), yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 dan Undang-Undang Nomor 10 Tahun1998 tentang Perbankan; tetapi lebih spesifik pada peraturan perundang-undangantentang mekanisme perlindungan nasabah perbankan sendiri yang menjadi tolakukur dalam penilaian tingkat perlindungan hukum bagi nasabah, yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap produk layanan perbankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 07.02.51.0007 SKR II.05.01.0119
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Nasabah Pengguna ATM, Perbankan
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution:
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 10 Aug 2012 02:21
Last Modified: 10 Aug 2012 02:21
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item