Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENJADWALAN PROSES PENGEMASAN PRODUK GUNA MEMINIMALKAN TOTAL WAKTU PENYELESAIAN( MAKESPAN ) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

SARI, DWI SEFITA (2011) PENJADWALAN PROSES PENGEMASAN PRODUK GUNA MEMINIMALKAN TOTAL WAKTU PENYELESAIAN( MAKESPAN ) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan PT Marimas Putera Kencana merupakan suatu perusahaan Perseroan Terbatas yang bergerak dalam bidang produksi minuman segar berbentuk serbuk. Metode penjadwalan yang digunakan masih menggunakan metode yang sederhana. Dalam skripsi ini dikembangkan dengan menggunakan metode algoritma Genetika. Algoritma Genetika adalah algoritma pencarian heuristik yang didasarkan atas mekanisme evolusi biologis. Komponen-komponen utama dalam algoritma Genetika yaitu penentuan parameter, inisialisasi, fitness, seleksi, crossover, dan mutasi. Penentuan parameter terdiri dari penentuan pop size, mutation rate dan crossover rate. Inisialisasi adalah penentuan kromosome. Fitness yaitu suatu fungsi yang digunakan oleh algoritma genetika untuk menentukan nilai kecocokan ( fitness ) suatu kromosom. Seleksi bertujuan untuk memberikan kesempatan reproduksi yang lebih besar bagi anggota populasi yang memiliki fitness tinggi untuk melakukan reproduksi. Crossover yaitu pindah silang antara dua kromosome yang termasuk dalam nilai crossover rate dan mutasi adalah proses pertukaran gen dalam satu kromosome yang mempunyai nilai kurang dari nilai mutation rate. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa parameter yang digunakan yaitu pop size sebanyak 10, crossover rate sebesar 0,5 dan mutation rate sebesar 0,1. Urutan proses pengerjaan yang diperoleh yaitu produk Es Puter, Mariteh, Marimas kemudian Marimas Trio dengan nilai makespan sebesar 1392,75 menit. Pada penjadwalan produk lama nilai makespan yang dihasilkan sebesar 1522,05 sehingga dari penjadwalan baru diperoleh penghematan sebesar 129,3 menit. Apabila dilihat dari segi biaya tenaga kerja penjadwalan lama sebesar Rp 7.668.082,5 sedangkan dengan penjadwalan baru sebesar Rp 7.015.222,5 sehingga diperoleh penghematan sebesar Rp 652.860 atau sekitar 8,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 07.04.51.0004 SKR IV.05.01.0119
Uncontrolled Keywords: Algorima Genetika, Makespan, Job
Subjects: ?? Industrial ??
Faculty / Institution: ?? SkirpsiInd ??
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 10 Aug 2012 04:57
Last Modified: 10 Aug 2012 04:57
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item