Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERENCANAAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI JAMU KAPSUL DENGAN METODE FROM TO CHART UNTUK MEMINIMUMKAN MATERIAL HANDLING DI PT. NYONYA MENEER SEMARANG

Nugroho, Nofianto Eko (2008) PERENCANAAN ULANG TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI JAMU KAPSUL DENGAN METODE FROM TO CHART UNTUK MEMINIMUMKAN MATERIAL HANDLING DI PT. NYONYA MENEER SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK ( UNISBANK ) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Tata letak ( layout ) atau pengaturan fasilitas produksi dan area kerja yang ada adalah suatu masalah yang sering ada dalam dunia industri. Pada umunya tata letak yang terencana dengan baik dalam dunia industri adalah tata letak yang juga dapat menentukan efektivitas dan efisiensi kerja, sehingga dalam menentukan tata letak suatu ruangan tidak menimbulkan arus bolak-balik antar departemen. dan juga dalam beberapa hal secara tidak langsung dapat menjaga kelangsungan hidup suatu industri untuk dapat berproduksi dengan biaya perpindahan yang tidak besar. Permasalahan yang timbul dalam perusahaan ini adalah bagaimana mengatur dan menempatkan mesin / ruangan yang ada dimana suatu perusahaan dapat menurunkan biaya perpindahan material handling seminimal mungkin ditinjau dari tata letak fasilitas produksi PT. Nyonya Meneer Semarang. Pemecahan masalah di sini di pecahkan dengan menggunakan metode From to Chart dengan running software Facility Location and Layout ( FLL ) , didalam metode ini ditentukan frekuensi jarak tempuh antar ruangan. Di tentukan juga derajat kedekatan antar ruang dengan menggunakan Activity Relationship Chart ( ARC ) . Setelah melihat layout awal , dimana terdapat beberapa proses perpindahan bahan yang terlalu jauh akibat ketidakteraturan penataan fasilitas produksi, maka untuk mengurangi biaya material handling yang terlalu besar akan digunakan metode From to Chart dengan bantuan software Facility Location and Layout, dengan melakukan perbandingan antara hasil running 2 departemen dan 3 departemen dan untuk menentukan hasil yang optimum dipilih iterasi yang memiliki nilai kontribusi yang paling minimal. Hasil dari iterasi akan dipergunakan untuk membuat layout baru hasil pengolahan dengan software Facility Location and Layout. Hasil dari pengolahan didapatkan nilai kontribusi yang paling minimal yaitu pada Euclidean Distance setelah analisa ARC dengan perpindahan 2 departemen dengan nilai kontribusi 13.684,50. Disini juga ditentukan derajat kedekatan antar ruang dengan menggunakan Activity Relationship Diagram ( ARC ) .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 04.04.51.0001 SKR IV.05.01.0085
Uncontrolled Keywords: Tata Letak, Activity Relationship Chart, Facility Location and Layout.
Subjects: ?? Industrial ??
Faculty / Institution: ?? SkirpsiInd ??
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:02
Last Modified: 10 Aug 2012 05:02
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item