Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERENCANAAN JUMLAH PRODUK PVC SHEET DAN PVC SPONGE LEATHER UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN DENGAN METODE PROGRAMA LINEAR DI PT. INNAN SEMARANG

Santoso, Rhiki Budi (2008) PERENCANAAN JUMLAH PRODUK PVC SHEET DAN PVC SPONGE LEATHER UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN DENGAN METODE PROGRAMA LINEAR DI PT. INNAN SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK ( UNISBANK ) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT. INNAN merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri plastik. Hasil produksinya berupa PVC Sheet, PVC Sponge Leather, Karung Plastik, Terpal, Band Tape, dan Rafia. Produk unggulan yang dihasilkan adalah PVC Sheet. Penelitian dilakukan khusus untuk produk PVC Sheet dan PVC sponge leather. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk merencanakan jumlah produk PVC sheet dan PV sponge leather dengan ketersediaan sumber daya sehingga dapat memaksimalkan keuntungan. Penyelesaian jumlah produk ini dilakukan dengan menentukan pola data permintaan masa lalu kemudian mencoba metode yang sesuai dengan pola penjualan untuk melakukan peramalan, setelah itu mengevakuasi tingkat error masing masing metode untuk memilih metode peramalan yang terbaik. Hasil peramalan merupakan batasan dalam penyelesaian dan digunakan untuk menghitung jumlah produk yang akan diproduksi dan penyelesain formulasi programa linear dengan metode simplek menggunakan software POM. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa PVC sheet memproduksi 9000 meter dan PVC sponge leather tidak melakukan produksi dan keuntungan maksimal yang diperoleh Rp 262.584.000,- perbulan. Dari persoalan diatas mengenai perencanaan jumlah produk untuk memaksimalkan keuntungan, metode simplek merupakan alternatif dari pemecahan masalah dalam mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 02.04.51.0017 SKR IV.05.01.0077
Uncontrolled Keywords: Simplek, Programa linear, Moving Average, Exponential Smoothing.
Subjects: ?? Industrial ??
Faculty / Institution: ?? SkirpsiInd ??
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:02
Last Modified: 10 Aug 2012 05:02
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item