Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS LIKUIDITAS SAHAM PADA PERUSAHAAN EFEK INDONESIA YANG MELAKUKAN ANALISIS LIKUIDITAS SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC EFEK INDONESIA YANG MELAKUKAN STOCK SPLIT MEMPERHATIKAN PERTUMBUHAN DAN UKURAN PERUSAHAAN MEMPERHATIKAN PERTUMBUHAN DAN UKURAN PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSASTOCK SPLIT DENGAN MEMPERHATIKAN PERTUMBUHAN DAN UKURAN PERUSAHAAN

Fitroh, Nur Aisiyah (2012) ANALISIS LIKUIDITAS SAHAM PADA PERUSAHAAN EFEK INDONESIA YANG MELAKUKAN ANALISIS LIKUIDITAS SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC EFEK INDONESIA YANG MELAKUKAN STOCK SPLIT MEMPERHATIKAN PERTUMBUHAN DAN UKURAN PERUSAHAAN MEMPERHATIKAN PERTUMBUHAN DAN UKURAN PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSASTOCK SPLIT DENGAN MEMPERHATIKAN PERTUMBUHAN DAN UKURAN PERUSAHAAN. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis likuiditas saham sebelum dan sesudah stock split pada perusahaan bertumbuh, tidak bertumbuh, besar dan kecil. Likuiditas saham akan diinterpretasikan dengan trading volume activity (TVA) yang akan diukur berdasarkan rata-rata volume perdagangan sebelum dan sesudah stock split. Stock split merupakan peristiwa yang kontroversial, karena tidak semua perusahaan melakukan stock split. Variabel klasifikasi pertumbuhan perusahaan akan diproksikan dengan investment oppurtinity set (IOS). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebesar 24 sampel perusahaan. Data perusahaan kemudian diklasifikasikan berdasarkan pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan. Selanjutnya data yang telah diklasifikasikan diuji dengan uji normalitas kolmogorov-smirnov. Hasilnya menunjukan semua data berdistribusi normal. Analisis selanjutnya peneliti menggunakan uji paired samples t-test untuk menjelaskan perbedaan dua variabel yang berpasangan pada variabel-variabel tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan likuiditas saham sebelum dan sesudah pengumuman stock split pada perusahaan bertumbuh, tidak bertumbuh, besar dan kecil. Dengan demikian harga saham yang rendah setelah stock split tidak menjamin keberhasilan likuiditas saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM: 0725030045 No Panggil : SKR.V.5.02.0027
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Likuiditas saham, stock split, trading volume activity, investment opportunity set, pertumbuhan, ukuran perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 08:27
Last Modified: 14 Jun 2012 03:12
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/78

Actions (login required)

View Item View Item