Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA GANGGUAN UNIT DAN KERUSAKAN PERALATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP PADA PT. INDONESIA POWER UNIT BISNIS PEMBANGKITAN SEMARANG

SOFWAN, WACHID (2010) RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA GANGGUAN UNIT DAN KERUSAKAN PERALATAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP PADA PT. INDONESIA POWER UNIT BISNIS PEMBANGKITAN SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) memiliki peralatan yang kompleks yang terkait satu sama lain. Hal inilah yang menyebabkan peralatan pembangkit sering mengalami gangguan ataupun kerusakan dimana gangguan atau kerusakan tersebut haruslah dengan cepat dapat diatasi. Kurangnya tenaga ahli di bidang pembangkitan listrik, menyebabkan para teknisi harus terlebih dahulu membuka buku instruksi peralatan atau referensi lain untuk mengetahui penanganan dari gangguan unit atau kerusakan peralatan yang terjadi. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang dapat membantu dalam mendiagnosa gangguan unit dan kerusakan peralatan pembangkit secara cepat dan tepat. Hal inilah yang kemudian mendasari pembuatan sistem pakar untuk mendiagnosa gangguan unit dan kerusakan peralatan PLTU. Sistem pakar ini menggunakan mesin inferensi forward chaining (penelusuran runut maju). Mesin inferensi ini dapat memudahkan penelusuran untuk menemukan solusi. Hasil dari sistem pakar ini dapat digunakan untuk membantu mendiagnosa gangguan unit dan kerusakan peralatan PLTU secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 06.01.53.0031 SKR I.05.01.0512
Uncontrolled Keywords: sistem pakar, forward chaining, peralatan PLTU
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science > Teknik Informatika
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika > Skripsi
Depositing User: Sanusi Wiji
Date Deposited: 15 Nov 2012 09:53
Last Modified: 15 Nov 2012 09:53
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item