Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS HUKUM PIDANA TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PENIPUAN SECARA BERLANJUT ( DELICTUM CONTINUATUM ) (Studi Kasus Perkara Pidana No. 1019/PID.B/2008/ PN.SMG)

MARYANA PUSPITA SARI, DWI (2010) ANALISIS HUKUM PIDANA TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PENIPUAN SECARA BERLANJUT ( DELICTUM CONTINUATUM ) (Studi Kasus Perkara Pidana No. 1019/PID.B/2008/ PN.SMG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Upaya pemberantasan terhadap maraknya tindak pidana penipuan secara berlanjut akan efektif apabila pelakunya diproses di pengadilan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan dikenai sanksi pidana yang diharapkan dapat memberikan efek jera, namun pada kenyataannya putusan yang dijatuhkan hakim terhadap terdakwa masih menimbulkan pro dan kontra di masyarakat dan belum memberikan efek jera terbukti masih banyak terjadi kasuskasus kejahatan penipuan secara berlanjut. Penelitian ini dibatasi pada Perkara No. 1019/PID.B/2008/PN.SMG dengan alasan bahwa putusan hakim terhadap terdakwa tergolong ringan (1 tahun) dibandingkan dengan ancaman pidana paling lama 4 tahun dalam Pasal 378 KUHP. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul : “ANALISIS HUKUM PIDANA TERHADAP PUTUSAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PENIPUAN SECARA BERLANJUT (DELICTUM CONTINUATUM) (Studi Kasus Perkara Pidana No. 1019/PID.B/2008/PN.SMG)”. Permasalahannya : Bagaimanakah penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana penipuan secara berlanjut ? Pertimbangan-pertimbangan apakah yang dijadikan dasar bagi hakim dalam memutus perkara tindak pidana penipuan secara berlanjut ? Hambatan-hambatan apakah yang timbul dalam proses persidangan perkara tindak pidana penipuan secara berlanjut ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan tipe penelitian untuk menemukan hukum in concreto guna mengetahui hukumnya yang sesuai untuk diterapkan secara konkrit berkaitan dengan putusan hakim dalam perkara tindak pidana penipuan secara berlanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM:05.02.51.0026 SKR.II.05.01.0085
Uncontrolled Keywords: Kejahatan penipuan, masyarakat,hukum pidana
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution: ?? SkripsiHk ??
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 15 Nov 2012 10:04
Last Modified: 15 Nov 2012 10:04
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item