Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN (Studi Kasus di Polres Semarang Selatan)

Destiawan Putra , Firman (2010) TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP ANGGOTA POLRI YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN (Studi Kasus di Polres Semarang Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)

Abstract

Kesan atau citra masyarakat terhadap kepolisian, khususnya petugas polisi masih belum membaik. Sekalipun upaya pihak kepolisian untuk memperbaiki citra negatif terus ditingkatkan. Betapapun berhasilnya pihak Kepolisian menanggulangi kejahatan dalam rangka memelihara Kamtibmas, akan tetapi citra negatif tidak akan pernah hilang, salah satu contoh misalnya yaitu seorang polisi memerkosa tahanan wanita di Markas Kepolisian Resor Semarang Selatan. Tersangka Sp saat melaksanakan tugas piket tahanan pada malam hari melakukan tindak pidana pemerkosaan terhadap tahanan wanita. Berdasarkan uraian tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : ”Tinjauan Kriminologi Terhadap Anggota Polri Yang Melakukan Tindak Pidana Pemerkosaan (Studi Kasus di Polres Semarang Selatan)” Perumusan masalah penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya tindak pemerkosaan yang dilakukan oleh oknum polisi di Semarang Selatan ? (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam pemeriksaan terhadap tersangka perkosaan yang dilakukan oleh oknum Polisi ? Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis sosiologis. Untuk mendekati permasalahan dalam penelitian ini penulis menggunakan spesifikasi penelitian secara deskriptif analitis. Metode penyajian data dalam penelitian dilakukan dengan cara deskriptif. Analisis yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pemerkosaan yang dilakukan oleh oknum polisi di Semarang Selatan adalah : Fisik, Tersangka SP merupakan seorang anggota Kepolisian Resor Semarang Selatan sebagai anggota satuan SAMAPTA, dengan badan tinggi besar, kulit sawo matang dan rambut lurus pendek, Psikologi, Tersangka Sp memiliki intelegensi tergolong rata-rata normal dan tidak menunjukkan kecenderungan mengalami gangguan kejiwaan yang bersifat psikopatologis Sosial : Ekonomi, Tersangka Sp berasal dari kehidupan keluarga sederhana. Status sosial Sp berhasil karena telah menjadi seorang anggota Polri sehingga kehidupan Sp tercukupi akan tetapi tumbuh perasaan arogan pada diri Sp, sehingga kehidupan di lingkungan keluarganya yang kurang harmonis, Sosial Budaya, Tersangka Sp kurang dalam pemahaman bidang agama atau moral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 05.02.51.00021 SKR.II.05.01.0086
Uncontrolled Keywords: Kesan masyarakat, polisi,pemerkosaan, tindak pidana
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution: ?? SkripsiHk ??
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 18 Feb 2013 02:22
Last Modified: 18 Feb 2013 02:22
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item