Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

Prasetyo, Yoddy Fiyantho (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Setiap perusahaan yang go publik diwajibkan untuk menyampaikan laporan keuangan secara tepat waktu. Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan oleh investor. Tuntutan akan kepatuhan terhadap ketepatan waktu dalam penyampaian pelaporan keuangan perusahaan publik di Indonesia telah diatur dalam Undang-undang No. 8 Tahun 1995 tentang peraturan pasar modal yang dinyatakan secara jelas bahwa perusahaan publik wajib menyampaikan laporan berkala dan laporan insidental lainnya kepada Bapepam. Surat keputusan Bapepam No. 36/PM/2003 dengan jelas menyampaikan dalam lampirannya No. X.K.2, bahwa laporan keuangan tahunan harus disertai dengan laporan akuntan dengan pendapat lazim dan disampaikan kepada Bapepam selambat-lambatnya pada akhir bulan ketiga ( 90 hari ) setelah tanggal laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan memperoleh sampel size 66 sampel perusahaan. Dalam penelitian ini menerapkan data time series dari tahun 2006-2010 yang didapat dari Bursa Efek Indonesia dan Indonesia Capital Market Directory. Hasil penelitian ini mengidentifikasikan bahwa Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Publik, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Leverage, dan Opini Auditor tidak mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, sedangkan Ukuran Perusahaan mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel perusahaan dan memperpanjang periode data penelitian, serta menggunakan sektor industri lain, tidak hanya bertumpu pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 07.05.52.0122 No Panggil: SKR.V.5.02.0051
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ketepatan waktu, Profitabilitas, Likuiditas, Kepemilikan Publik, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Opini Auditor
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 28 May 2012 10:59
Last Modified: 14 Jun 2012 03:25
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item