Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

TINJAUAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polres Semarang Timur)

Ari Wibowo , Oddy (2010) TINJAUAN HUKUM PIDANA TERHADAP TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (Studi Kasus di Wilayah Hukum Polres Semarang Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Secara yuridis formal, kejahatan merupakan bentuk tingkah laku yang bertentangan dengan moral kemanusiaan (immoril), merugikan masyarakat, sifatnya asosial dan melanggar hukum serta undang-undang pidana. Kejahatan tersebut harus diberantas, atau tidak boleh dibiarkan berkembang, demi ketertiban, keamanan dan keselamatan masyarakat. Salah satu bentuk kejahatan adalah pencurian spare part mobil truk yang terjadi di PT. Siba Surya Genuk Semarang, Para pelaku membawa 22 (dua puluh dua) buah radioator mobil truk Scania, 22 (dua puluh dua) buah inter cooler dan 4 (empat) buah accu truk scania. Tindak pidana yang dilakukan tersebut termasuk pencurian dengan pemberatan. Perumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan hukum pidana terhadap tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Studi Kasus di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Semarang Timur). (2) Bagaimana kendala dalam penerapan sanksi pidana terhadap tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Studi Kasus di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Semarang Timur). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara yuridis normatif. Spesifikasi penelitian dalam penulisan ini bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan dua sumber data : data primer dan data sekunder. Metode penyajian data dalam penelitian dilakukan dengan cara deskriptif. Analisis yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 05.02.51.00003 SKR.II.05.01.0084
Uncontrolled Keywords: Masyarakat, kejahatan, penerapan sanksi pidana, terhadap tindak pidana pencurian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Faculty / Institution: ?? SkripsiHk ??
Depositing User: Ani Mariawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 03:18
Last Modified: 26 Jul 2013 03:38
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item