Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISA PERANCANGAN SISTEM KOMPUTERISASI KEARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) SEMARANG

Widiyanto, Andhika Indra (2010) ANALISA PERANCANGAN SISTEM KOMPUTERISASI KEARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN (BPOM) SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu informasi yang paling penting bagi kegiatan perkantoraan baik negeri ataupun swasta adalah arsip, namun sebagai besar orang menganggap arsip hanyalah sebagai kumpulan kertas yang tidak mempunyai nilai guna lagi. Hal inilah yang menjadikan inspirasi bagi penulis untuk membuat suatu sistem komputerisasi kearsipan surat untuk membantu proses pengarsipan surat. Permasalahan yang dihadapi dalam perancangan sistem ini adalah bagaimana merancang suatu sistem informasi kearsipan surat masuk dan surat keluar sehingga dibutuhkan sebuah software program yang dapat memindahkan suatu informasi dari sebuah arsip sebagai sumber informasi utama untuk dimasukkan ke dalam sebuah sistem informasi kearsipan surat masuk dan surat keluar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem komputerisasi kearsipan surat masuk dan surat keluar pada oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Semarang serta untuk merubah sistem kearsipan surat masuk dan surat keluar yang semula dikerjakan secara manual diubah menjadi sistem yang sudah terkomputerisasi. Alat - alat analisis yang digunakan dalam pembuatan program ini adalah dengan menggunakan sistem SDLC (Software Development Life Cycle) yang terdiri dari Planning (perancangan), Analysis (analisa), Design (desain), Development (pengembangan). Hasil dari analisis disini adalah menghasilkan program dapat menyimpan data – data surat masuk dan surat keluar serta dapat membantu dalam proses pelaporan yang akan diberikan kepada Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan Semarang Kesimpulan dan saran dari program aplikasi ini adalah penelitian telah menghasilkan suatu program yang dapat menampilkan suatu informasi kearsipan surat masuk dan surat keluar yang dapat membantu dalam proses pencatatan surat masuk dan surat keluar yang selama ini dilakukan secara manual kini telah menjadi sistem yang terkomputerisasi yang sangat membantu untuk petugas penerima surat dengan tampilan form surat masuk dan surat keluar yang cukup menarik dan mudah digunakan, serta dapat membantu dalam proses pelaporan yang akan diberikan kepada Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan Semarang. Saran yang ingin disampaikan adalah bahwa program ini masih jauh dari sempurna sehingga diharapkan saran dan kritik dari berbagai pihak agar lebih baik dan dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat luas di kedepan harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 06.01.55.0072 SKR I.05.02.1015
Uncontrolled Keywords: Analisis, Perancangan, Sistem, Komputerisasi, Kearsipan, Surat masuk, Surat keluar.
Subjects: ?? Sisteminf ??
Faculty / Institution: ?? SkirpsiSI ??
Depositing User: Sanusi Wiji
Date Deposited: 22 Apr 2013 05:19
Last Modified: 04 Jul 2013 04:40
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item View Item