Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone

Ananda Devia, Wulansari and Mulyo, Budi Setiawan, Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Economics and Digital Business Review.

[thumbnail of DB_report_9. 350-Article Text-1166-1-10-20230105.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Perkembangan dunia telah membawa perubahan dalam bidang komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan melalui smartphone. Penggunaan smartphone menjadi hal utama dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Smartphone yang beredar di masyarakat terbagi menjadi dua golongan yaitu android dan IOS. Pada jenis IOS, smartphone yang beredar dikenal dengan nama Iphone. Iphone memiliki banyak keunggulan yang diminati oleh masyarakat. Pada penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, gaya hidup, dan kelompok refrensi terhadap keputusan pembelian pada pengguna IOS terkhusus Iphone di Kota Semarang. Melalui kuesioner yang telah dibagikan kepada 140 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menganalisis dan menguji data yang telah diperoleh, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel citra merek berpengaruh signifikan dan memiliki arah hubungan positif terhadap kepitusan pembelian. Sedangkan variabel gaya hidup berpengaruh signifikan namun memiliki arah hubungan negatif terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya pada variabel kelompok refrensi tidak berpengaruh signifikan namun memiliki arah hubungan yang positif.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis
Depositing User: Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:53
Last Modified: 23 Jul 2024 06:53
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/10154

Actions (login required)

View Item View Item