Syaifullah, Rio (2013) PEMANFAATAN WEB SERVICE TWITTER UNTUK ANALISIS SUATU PRODUK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK ( UNISBANK ) SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Twitter adalah sebuah online social networking service dan microblogging yang memperbolehkan pengguna untuk membaca posting ( istilahnya adalah tweet ) berupa text-based post dan pengguna boleh mengirimkan tweet sepanjang 140 karakter. Menurut Cambridge Advance Learner Dictionary, arti kata sentimen ( sentiment ) sendiri adalah cara pandang seseorang terhadap sesuatu. Cara pandang ini bisa negatif ataupun positif, lalu dari sentimen itulah bisa ditentukan sebuah kualitas produk di pasarannya sendiri. Penggunaan twitter karena melihat dari pola pikir seseorang, orang lebih senang bergumam bila sedang berpikir atau kesal Adapun tujuan yang akan dicapai adalah untuk memanfaatkan web service Twitter untuk analisis suatu produk komputer tablet dengan menggunakan PHP dan MySQL yang dapat membedakan mana sentimen yang bersifat negatif dan mana sentimen yang bersifat positif yang dapat berguna untuk kalangan akademisi ataupun kalangan bisnis. Hasil dalam penelitian ini adalah aplikasi yang dibuat dapat digunakan untuk menganalisis produk dari twiiter dengan hasil analisis yang ditampilkan dalam bentuk grafik lingkaran dalam bentuk prosen dan grafik batang dalam bentuk jumlah tweets dengan tweets yang mengandung kata negatif yang ditandai dengan blok warna merah dan kata positif yang ditandai dengan blok warna biru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM : 08.01.53.0125 SKR I.05.01.1049 |
Uncontrolled Keywords: | Web, Twitter, PHP, MySQL |
Subjects: | |
Faculty / Institution: | |
Depositing User: | Sanusi Wiji |
Date Deposited: | 20 Mar 2014 03:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2014 03:35 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/1826 |
Actions (login required)
View Item |