Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI BPR SARI BUMI (Studi Kasus Pada BPR Sari Bumi Boyolali Cabang Juwangi)

Swastiyanto, Agus (2014) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT UNTUK MENABUNG DI BPR SARI BUMI (Studi Kasus Pada BPR Sari Bumi Boyolali Cabang Juwangi). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang peningkatan minat menabung yang terjadi pada bank-bank di kawasan Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Salah satu bank dengan peningkatan jumlah tabungan yang cukup pesat adalah Bank Perkreditan Rakyat Sari Bumi cabang Juwangi. Karena minat merupakan rangsangan atau dorongan yang ditimbulkan oleh seseorang untuk melakukan sesuatu, maka minat menabung masyarakat juga tumbuh karena adanya dorongan baik dari dalam diri pribadi seseorang maupun merupakan pengaruh rangsangan dari luar. Dengan latar belakang tersebut maka peneliti mencoba untuk melakukan penelitian tentang Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Minat Menabung Masyarakat untuk Menanbung di BPR Sari Bumi. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis menggunakan teknik analisis kuantitatif regresi linier berganda dan analisis faktor. Variabel dalam penelitian terdiri atas variabel minat menabung sebagai variabel terikat, dan variabel faktor internal dan faktor eksternal sebagai variabel bebas. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara bersama-sama, faktor internal dalam diri nasabah serta faktor eksternal dari luar terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat dengan besaran pengaruh sebesar 70,8%. Secara parsial, faktor internal dan eksternal terbukti mempengaruhi minat menabung masyarakat dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,797 untuk faktor internal dan 12,308 untuk faktor eksternal lebih besar dari t tabel sebesar 1,646 serta memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil dari analisis faktor membuktikan bahwa terdapat 5 indikator dengan pengaruh terbesar terhadap minat menabung antara lain pelayanan yang ramah dari pegawai bank, indikator pengetahuan nasabah tentang manfaat menabung, indikator kultur budaya menabung keluarga, indikator tingkat pendapatan nasabah dan indikator beban hutang yang ditanggung nasaba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM :08.05.51.0073 SKR.V.05.51.0740
Uncontrolled Keywords: minat menabung, faktor internal, faktor eksternal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution:
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 08 Mar 2015 09:10
Last Modified: 08 Mar 2015 09:10
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item