Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDAMPAK KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA SUPER SWALAYAN SAMPANGAN SEMARANG)

Yatinah, Yatinah (2014) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDAMPAK KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA SUPER SWALAYAN SAMPANGAN SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (915kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Berdampak Kepuasan Konsumen Pasar Super Swalayan Sampangan Semarang ini merupakan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis apakah variabel kualitas produk, harga, dan keputusan pembelian yang diberikan oleh Pasar Super Swalayan Sampangan Semarang secara parsial mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen, maka penelitian ini mengambil judul “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDAMPAK KEPUASAN KONSUMEN” Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa accidental sampling Method atau dengan memilih responden yang sesuai dengan syarat menjadiseorang resonden dan secara kebetulan bertemu yaitu minimal telah berbelanja 4 kali dan usia kurang dari 20 tahun. Data yang terkumpul diuji terlebih dahulu dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas sehingga diperoleh hasil yang valid dan reliable sehingga dapat digunakan pada pengujian selanjutnya. Analisis selanjutnya penulis menggunakan pengujian regresi berganda untuk menjelaskan hubungan antara variabel independen dan dependen. Hasilnya adalah kualitas produk (X1), harga (X2), keputusan pembelian (Y) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Z). Dari hasil persamaan regresi bahwa harga mempunyai pengaruh paling besar dan kualitas produk mempunyai pengaruh paling kecil. Hasil dari uji determinasi diperoleh variabel kualitas produk, harga, keputusan pembelian relatif besar dalam menjelaskan kepuasan konsumen. Penelitian ini mempunyai keterbatasan yaitu variabel yang digunakan hanya sebatas pada variabel kualitas produk, harga, keputusan pembelian, sementara masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan seorang konsumen. Selain itu penelitian ini hanya meneliti pada konsumen yang sedang berkunjung dan berbelanja di Super Swalayan Sampangan Semarang. Oleh karena itu, pada penelitian selanjutnya disarankan mempertimbangkan variabel lain yang belum terdapat pada penelitian ini dan penentuan sampel yang lebih luas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM 10.05.51.0040 SKR.V.05.51.0753
Uncontrolled Keywords: Variabel kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution:
Depositing User: Farida Sri Endaryani
Date Deposited: 24 Feb 2016 03:44
Last Modified: 24 Feb 2016 03:44
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item