Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TAKSI KOSTI SEMARANG

ROFIAH, LINNA NUR (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA TAKSI KOSTI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank Semarang.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)

Abstract

Faktor kualitas pelayanan akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa suatu perusahaan jasa angkutan penumpang seperti taksi, karena adanya daya tarik konsumen baik atas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Berdasarkan hal di atas, maka dilakukan suatu penelitian dengan judul ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Taksi Kosti Semarang”. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Hair et al ( 2002) , dimana metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yang mengambil sampel didasarkan pada ciriciri atau karakteristik pelanggan, yaitu konsumen yang menggunakan jasa Taksi KOSTI yang berada di kota Semarang. Berdasarkan pengujian statistik dengan SPSS didapatkan angka t-hitung sebesar 2,556 > t tabel sebesar 1,6611 sehingga secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Tangible ( X ) terhadap kepuasan konsumen menggunakan Taksi KOSTI ( Y ) . Angka t-hitung sebesar 2,859 > t tabel sebesar 1,6611; sehingga secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Reliability ( X 2 v 1 ) terhadap kepuasan konsumen menggunakan Taksi KOSTI ( Y ) . Angka t-hitung sebesar 3,258 > t tabel sebesar 1,6611; sehingga secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Responsiveness ( X ) terhadap kepuasan konsumen menggunakan Taksi KOSTI ( Y ) . Angka t-hitung sebesar 3,576 > t tabel sebesar 1,6611; sehingga secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Assurance ( X ) terhadap kepuasan konsumen menggunakan Taksi KOSTI ( Y ) . Angka t-hitung sebesar 2,726 > t tabel sebesar 1,6611; sehingga secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Emphaty ( X 5 4 ) terhadap kepuasan konsumen menggunakan Taksi KOSTI ( Y ) . Dan angka F hitung antara variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan sebesar 152,240 > F tabel sebesar 2,47; artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tangible ( X 1 ) , reliability ( X 2 ) , responsiveness ( X ) , assurance ( X 4 ) dan emphaty ( X ) secara simultan ( bersama-sama ) terhadap kepuasan konsumen menggunakan Taksi KOSTI ( Y ) . 5 Saran-saran yang dapat diajukan antara lain lebih meningkatkan kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan, kebersihan dan kenyamanan Taksi, kerapian dari pengemudi Taksi, dan fasilitas fisiknya. Perlu pula upaya untuk meningkatkan kepuasan konsumen yang ditempuh dengan : perhatian serius terhadap penumpang dan ketepatan waktu kedatangan Taksi. Perlu adanya upaya untuk memperhatikan hal-hal seperti : kesediaan pengemudi dalam memberikan layanan dengan cepat, membantu kesulitan penumpang, informasi pihak Taksi mudah dimengerti dan adanya luang waktu pengemudi dalam menanggapi permintaan penumpang. Faktor assurance yang baik dari konsumen juga dapat dipertimbangkan dengan memperhatikan hal-hal seperti: perasaan aman penumpang dalam perjalanan, kemampuan pengemudi, dukungan perusahaan Taksi Kosti kepada pengemudi dan kesabaran pengemudi. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan emphaty ( empati ) yang perlu dipertimbangkan antara lain : kesesuaian pelayanan dengan kebutuhan dan keinginan penumpang, kesungguhan pelayanan kepada penumpang dan perhatian yang nyata dari pengemudi Taksi Kosti secarta individual kepada penumpang Taksi Kosti. 3 3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nim :01.2502.0250 skr.v.05.51.0040
Uncontrolled Keywords: Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Hair et al ( 2002) , dimana metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yang mengambil sampel didasarkan pada ciriciri atau karakteristik pelanggan, yaitu konsumen yang menggunakan jasa Taksi KOSTI yang berada di kota Semarang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tri Wiyono
Date Deposited: 10 Jul 2012 13:19
Last Modified: 10 Jul 2012 13:19
URI: http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item