Riski Buwana, Rangga (2016) MEMBANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) MENGGUNAKAN SMS CENTER BERBASIS SMS GATEWAY MENGGUNAKAN PHP (STUDI KASUS RSI SULTAN AGUNG SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Hampir semua kegiatan khususnya dalam pelayanan masyarakat menerapkan teknologi informasi untuk mempermudah semua kegiatan. Mutu pelayanan rumah sakit mempunyai dua komponen, yaitu pemenuhan terhadap standar mutu yang telah ditetapkan dan pemenuhan akan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah mengenai keluhan pelayanan pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Maka dengan itu dirancanglah sistem pelayanan pelanggan/pasien yang berbasis SMS Gateway. Sistem ini bertujuan mempermudah dan memperlancar petugas RSI Sultan Agung Semarang dalam melakukan pengiriman informasi dan menerima keluhan pelanggan/pasien terhadap pelayanan di RSI Sultan Agung Semarang. Hal inilah yang melatar belakangi pemikiran pembangunan system SMS Center berbasis SMS Gateway menggunakan PHP. Kata Kunci :Rumahsakit, Sms Center , SistemSms Gateway , Kepuasanpelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM : 11.01.55.0080 SKR : I.05.02.01598 |
Uncontrolled Keywords: | Rumahsakit, Sms Center , SistemSms Gateway , Kepuasanpelanggan. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi |
Depositing User: | Dani Wardaniati |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 08:53 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 08:53 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
View Item |