Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (studi kasus pada perusahaan mebel UD. Yuti’an Garden Furniture Jepara)

NURDIYANTO, AFIF (2016) ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (studi kasus pada perusahaan mebel UD. Yuti’an Garden Furniture Jepara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi membawa dampak besar pada perkembangan dalam industri maupun pada teknologi manufaktur, kemajuan tersebut mengakibatkan beberapa faktor akuntansi manajemen yang mendasar mengalami perubahan. Sebagian besar perusahaan hanya mengukur kinerjanya dari financial perspective. Sistem pengukuran kinerja yang demikian sudah tidak memadai lagi bagi kebutuhan pengukuran kinerja saat ini, dimana lingkungan persaingan bergerak dengan cepat sehingga tidak mengonfirmasi upaya-upaya yang harus diambil saat ini dan di masa yang akan datang untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Balanced Scorecard (BSC) merupakan salah satu metode pengukuran kinerja perusahaan secara keseluruhan yang menjabarkan visi dan strategi perusahaan kedalam 4 perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Jadi dari masing-masing perspektif memliki peran dan hubungan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Hasil penelitian dengan menggunakan balance scorecard menunjukkan bahwa kinerja keuangan UD. Yuti’an Garden Furniture lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Kineja keuangan UD. Yuti’an Garden Furniture dihitung menggukan 3 rasio, rasio profit margin, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas. Dari ke 3 rasio menunjukan kenaikan, rasio profit margin mengalami kenaikan 0,1 (0,3 menjadi 0,4), rasio profitabilis diukur dengan 2 perhitungan, Net Income / Sales (NIS) dan Net Income/Total Assets (NITA), hasilnya dari kedua perhitungan tersebut mengalami kenikan, NIS mengalami kenaikan 1% (22% menjadi 23%) dan NITA juga mengalami kenaikan 2% (5% menjadi 7%). Untuk perpspektif pelangga hasilnya juga bagus, sedangkan untuk kinerja proses bisnis internal menunjukkan hasil yang baik pada proses inovasi, operasi, dan pelayanan purna jual. Kinerja kepuasan karyawan juga menunjukkan hasil yang baik. Jadi kinerja UD. Yuti’an Garden Furniture secara keseluruhan bisa dianggap bagus. Manajemen yang baik adalah alasan UD. Yuti’an Garden Furniture mampu meningkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 11.04.51.0007 SKR.IV.04.51.0242
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Balance scorecard.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknik
Depositing User: Yudi Cahyo
Date Deposited: 22 Feb 2017 02:44
Last Modified: 22 Feb 2017 02:44
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item