Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PENGARUH PERSEPSI HARGA, IKLAN, DAN KETIDAKPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERALIH MEREK BLACKBERRY KE SAMSUNG (STUDI PADA EX PENGGUNA SMARTPHONE MEREK BLACKBERRY DI FAKULTAS EKONOMI UNISBANK KOTA SEMARANG)

Junaidi, Ahmad (2016) PENGARUH PERSEPSI HARGA, IKLAN, DAN KETIDAKPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN BERALIH MEREK BLACKBERRY KE SAMSUNG (STUDI PADA EX PENGGUNA SMARTPHONE MEREK BLACKBERRY DI FAKULTAS EKONOMI UNISBANK KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perpindahan merek pada konsumen merupakan suatu fenomena yang komplek yang dipengaruhi faktor-faktor keperilakuan, persaingan, dan waktu. Perpindahan merek yang dilakukan konsumen disebabkan oleh pencarian variasi. Tetapi perpindahan merek juga dapat terjadi melalui promosi penjualan. Beberapa hal yang menjadi penyebab tersebut diantaranya ketidakpuasan konsumen, adanya iklan dan harga dari produk pesaing yang lebih baik dan terjangkau bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan beralih merek ex pengguna Blackberry ke Samsung di Fakultas Ekonomi UNISBANK antara lain faktor persepsi harga, iklan, dan ketidakpuasan konsumen. Populasi dari penelitan ini adalah seluruh ex pengguna Blackberry berpindah merek ke Samsung di Fakultas Ekonomi UNISBANK Semarang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beralih merek di UNISBANK Kota Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik persepsi harga Samsung maka keputusan beralih merek dari Blackberry ke Samsung akan semakin meningkat. Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beralih merek di UNISBANK Kota Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik iklan Samsung maka keputusan beralih merek dari Blackberry ke Samsung akan semakin meningkat. Ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan beralih merek di UNISBANK Kota Semarang. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi ketidakpuasan konsumen Blackberry maka keputusan beralih merek dari Blackberry ke Samsung akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM 12.05.51.0154 SKR.V.05.51.0924
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : persepsi harga, iklan, ketidakpuasan konsumen, keputusan beralih merek
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Faculty / Institution: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Woro Trijanti
Date Deposited: 22 Feb 2017 03:49
Last Modified: 22 Feb 2017 03:49
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item