Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

Rancang Bangun Game Edukasi Menggunakan Teknik ”Single Layout” berbasis Mobile

Nurraharjo, Eddy and Sukur, Muji and Winarno, Edy (2016) Rancang Bangun Game Edukasi Menggunakan Teknik ”Single Layout” berbasis Mobile. [Experiment]

[img]
Preview
PDF
Download (914kB) | Preview

Abstract

Mobile gaming memiliki segmen pasar yang luas jauh sebelum perkembangan munculnya iPhone dan Android. Bagaimanapun dengan adanya bentuk baru dari perangkat hybrid ini, perkembangannya akan semakin menantang. Sementara itu beberapa lapisan komunitas bisnis telah serius dalam melihat potensi ini dengan memainkan tren-tren game terbaru ini pada perangkat mobile mereka. Terkait dengan hal ini maka peneliti akan mencoba untuk mengimplementasikannya dalam aplikasi game sederhana yang dapat diterapkan pada platform Android. Berbagai sumber telah dirangkum sedemikian rupa dan mengacu pada penelitian-penelitian sebelumnya yang bertema teknik animasi. Namun seiring dengan perkembangan perangkat bantu pembuatan game, akan menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan rancang bangun sebuah game sederhana. Penelitian ini merupakan upaya untuk merancang dan membangun beberapa animasi game dengan menggunakan perangkat bantu yaitu Construct versi 2.0. Beberapa kemudahan dan kemampuan perangkat bantu ini akan dianalisa dan ditelaah, guna menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa maupun para hobbyist yang berkecimpung di dunia animasi, untuk memberikan pengalaman dan tantangan tersendiri, dan dibandingkan dengan koding dalam pembuatan game berbasis Android dengan menggunakan perangkat Eclipse. Proses rekayasa permainan / game sederhana ini diawali dengan pembuatan sketsa karakter pemain, pembuatan sketsa latar belakang, desain animasi karakter pemain, pemunculan data poin, hingga rekayasa algoritma permainan ini. Implementasi permainan ini diharapkan mampu memberikan wawasan teknik animasi berbasis Android, algoritma aktifitas java berbasis Android, desain elemen terhadap tata letak komponen visual atau layout berbasis Android, serta algoritma game sederhana, untuk memberikan hasil akhir yang sesuai harapan. Pengujian dilakukan dengan membandingkan beberapa karya mahasiswa dalam mata kuliah aplikasi mobile, dalam format *.capx, untuk mengetahui pengamatan dari sisi kapasitas memori yang diperlukan, sebelum upaya untuk kompilasi ke bentuk aplikasi Android, dalam format APK. Hasil analisa sementara adalah tidak adanya pengaruh kapasitas media simpan atau memori secara signifikan terhadap implementasi teknik single layout multilayer ini terkait dengan hasil komparasi dengan teknik multi layout single layer. Hal ini terlihat dari ukuran file dengan ekstensi *.capx sebagai hasil kompilasi dengan Construct 2.0.

Item Type: Experiment
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mr Mardi Siswo Utomo
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:22
Last Modified: 17 Oct 2016 09:22
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3611

Actions (login required)

View Item View Item