Padmadhi, Padmadhi (2016) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PEMASANGAN BTS XL DIKALIMANTAN SELATAN OLEH PT.DMM MENGGUNAKAN SMS GATEWAY BERBASIS WEB. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
CRM (Customer Relationship Management) untuk pemasangan BTS XL kalimantan selatan oleh PT.DMM menggunakan Gateway inimerupakansalahsatufasilitas yang memanfaatkan media SMS. Sistemakanmemberikaninformasihasilinstallasikepada customer,sehinggamemungkinkan customerdapatmengetahuihasilinstallasi BTSdenganefektif. MetodepengembangansistemCRM yang digunakanadalahCBD (Component Based Development). Dengan pendekatan CBD memungkinkan suatu aplikasi terbentuk dari komponen-komponen yang dibentuk secara independen dan reuseable. SedangkanperancangansistemmenggunakanUsecase Diagram, Class Diagram dan Flowchart. Aplikasi SMS Gateway dibuatdengan program PHP, untuk engine SMS menggunakanGammudanuntukmenghubungkan modem dengan database MySQL. ImplementasiCustomerRelationship Management dengan SMS Gateway berbasis web dibangununtuk proses pengirimaninformasihasilpemasangan BTS XL sehinggahasilatauinformasibisadiinformasikansecara detail, lebihefektifdanefisien. Informasi-informasi yang bisadikirim via SMS Gatewaymeliputi site id, site name, tipe site, danperangkat-perangkat lain yang sudahdiinstal. Kata Kunci: CRM, SMS Gateway, CBD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM :12.01.53.0039 SKR .I.05.01.1419 |
Uncontrolled Keywords: | CRM, SMS Gateway, CBD. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Hary Iskandar |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 03:33 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 03:33 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3661 |
Actions (login required)
View Item |