ARDIANTO, SEPNU (2016) APLIKASI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN 3D MARKER DENGAN KONSEP LOOPING SOUND PADA ALAT MUSIK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Augmented reality merupakan suatu teknologi yang mengintegrasikan benda maya 2 dimensi ataupun 3 dimensi pada sebuah lingkungan virtual dalam waktu yang nyata. Pada teknologi augmented reality dapat diwujudkan dalam bentuk aplikasi smartphone berbasis android. Salah satu bentuk aplikasi yang dapat diterapkan dengan teknologi ini adalah aplikasi augmented reality menggunakan 3D marker dengan konsep looping sound. Aplikasi ini menggunakan 2 buah 3D marker berupa gambar atau foto. Smartphone akan bekerja dengan cara melacak orientasi dan posisi 3D marker lalu menciptakan sebuah dunia virtual 3 dimensi yang mengacu pada titik koordinat yaitu X, Y dan Z. Ketika objek pada marker terdeteksi oleh kamera smartphone, pengguna dapat berinteraksi melalui sentuhan langsung pada 3D marker dengan teknologi virtual button sehingga memungkinkan pada aplikasi menghasilkan suara alat musik. Konsep looping sound merupakan pengulangan suara secara terus-menerus berdasarkan kondisi tertentu pada saat objek pada 3D marker disentuh secara terus-menerus. Dengan adanya aplikasi ini, penggunaan alat musik akan lebih mudah dan menghemat biaya. Kata Kunci Augmented Reality, Android, 3D Marker, Virtual Button, Looping Sound.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | NIM : 12.01.53.0084 SKR : I.05.01.1443 |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Android, 3D Marker, Virtual Button, Looping Sound. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Faculty / Institution: | Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Hary Iskandar |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 03:30 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 03:30 |
URI: | https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/3683 |
Actions (login required)
View Item |