Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

PERANCANGAN GAME DARI DONGENG TIMUN EMAS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 BERBASIS ANDROID

WIDAWATI, DWI (2017) PERANCANGAN GAME DARI DONGENG TIMUN EMAS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK (UNISBANK) SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sekarang ini telah banyak game yang diciptakan dengan banyak unsur modern sehingga peneliti tertarik untuk membangun game dengan mengangkat unsur tradisional, baik dari sisi cerita, tokoh, dan musik. Peneliti merancang game terinspirasi dari dongeng Provinsi Jawa Tengah yaitu Timun Emas dengan beberapa pengembangan naskah narasi. Aplikasi yang dimanfaatkan dalam membangun penelitian ini adalah Construct 2. Game ini termasuk dalam tipe permainan adventure yang menerapkan collision detection dan spawn action. Collision detection bertujuan untuk mendeteksi tumbukan antara player dan musuh maupun tumbukan antar objek lainnya, sedangkan spawn action berfungsi agar player maupun musuh dapat menembak. Game ini diperkaya oleh iringan musik tradisional Indonesia. Musik tersebut dihasilkan dari rekaman virtual alat musik Jawa Barat dan Bali. Angklung, kecapi, saron dan kendang dari Jawa Barat, sedangkan Gangsa dan Reong dari Bali. Kata Kunci: Game Adventure, Collision Detection, Dongeng Timun Emas, Alat Musik Tradisional, Construct 2 Pembimbing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM 13.01.53.0080 SKR. 1.05.01.1531
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game Adventure, Collision Detection, Dongeng Timun Emas, Alat Musik Tradisional, Construct 2
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Hary Iskandar
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:01
Last Modified: 19 Oct 2017 04:01
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/4258

Actions (login required)

View Item View Item