Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Repository

APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA UNITY DAN VUFORIA

Pujadi, Vera Wijayanti (2018) APLIKASI AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING PADA UNITY DAN VUFORIA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG.

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Augmented reality, salah satu teknologi yang dapat menggabungkan benda atau objek maya ke dalam dunia nyata. Selain itu, augmented reality merupakan perkembangan teknologi yang relatif baru di bidang komputer mobile. Berkembangnya teknologi, informasi dan komputer di berbagai bidang dan salah satunya pada bidang pendidikan. Banyak siswa-siswi SMP lebih memilih belajar menggunakan smartphone dan sulit memahami ketika pelajaran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan proses belajar dan menarik minat siswa-siswi untuk belajar bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merancang sebuah aplikasi augmented reality bangun ruang sisi datar menggunakan metode marker based tracking pada unity dan vuforia. Perancangan aplikasi dengan pembuatan objek 3D dari software blender, beserta animasi objek 3D. Kemudian di proses ke Unity 3D dengan tambahan Vuforia SDK sebagai perancangan utama aplikasi. Proses Unity 3D selanjutnya akan di build menjadi file apk dan dipasang ke perangkat android. Dari penelitian yang telah dilakukan dan pengamatan hasil aplikasi augmented reality bangun ruang sisi datar terbukti bahwa aplikasi ini membantu proses belajar dan menarik minat belajar siswa-siswi SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: NIM : 14.01.54.0096 SKR.I.05.01.1666
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Belajar, Objek 3D, Unity 3D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Faculty / Institution: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: R Ria
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:40
Last Modified: 21 Nov 2018 03:40
URI: https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/4841

Actions (login required)

View Item View Item